PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HIKMAH MAKASSAR

  • Nurazmiyati Nurazmiyati Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St Syamsudduha Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Shabir Umar Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaian
proyek adalah bagian dari penilaian autentik merupakan salah satu penilaian untuk
mengukur kompetensi psikomotorik yang dapat digunakan untuk mengukur
keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan observasi diperoleh hasil
bahwa penilaian proyek disekolah belum mampu untuk mengukur keterampilan
pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk penilaian yang digunakan untuk
menilai tugas proyek peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Pengembangan produk ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi
3D.Lokasi dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah Makassar.
Pengumpulan data menggunakan lembar validasi instrumen untuk mengukur kevalidan,
lembar angket respon guru untuk mengukur kepraktisan produk, serta analisis data tugas
proyek peserta didik untuk mengukur keefektifan produk. Data yang diperoleh dianalisis
dengan tehnik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan instrumen penilaian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa instrumen yang dikembangkan
berupa instrumen penilaian proyek untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah
peserta didik telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3.26, kriteria
kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3.44, dan kriteria keefektifan tinggi dengan
persentase 85.7%.Dengan demikian produk penilaian berupa produk yang dikembangkan
ini telah berkualitas valid, praktis dan efektif sehingga produk ini dapat digunakan dalam
kegiatan pembelajaran untuk menilai proyek peserta didik.

References

Al-Kaffah, Al-Quran & Terjemah. Jakarta:

Sukses Publishing, 2012.

Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.

Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Kunandar. Peniaian Autentik (Penilaian Hasil

Belajar Peserta Didik Berdasarkan

Kurikulum 2013. Jakarta: PT

Rajagrafindo Persada, 2014.

Sani, Ridwan Abdullah. Penilaian Autentik. Cet.

I; Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Mania, Sitti.Pengantar Evaluasi Pengajaran.

Samata: Alauddin University Press,

Irmayanti. “Pengembangan Instrumen

Penilaian Keterampilan Kreatif Dalam

Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan

Pendekatan Project Based

Learning.”,Thesis. Bandar Lampung:

Fakultas Keguruan dan Ilmu

Pendidikan, Universitas Lampung,

Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi

Pendidikan. Cet. XII; Yogyakarta: PT

Rineka Cipta, 2010

Muhammad Khalifah dan Guftan Dirwan “,

Development Of Worksheet Students Orieted

Scientific Approach At Subject Of Biology”,

(diakses 24 Agusttus 2019).

Published
2020-01-09
Section
Artikel
Abstract viewed = 227 times