PENGEMBANGAN PENILAIAN PROYEK UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUL HIKMAH MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Penilaian merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penilaian
proyek adalah bagian dari penilaian autentik merupakan salah satu penilaian untuk
mengukur kompetensi psikomotorik yang dapat digunakan untuk mengukur
keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan observasi diperoleh hasil
bahwa penilaian proyek disekolah belum mampu untuk mengukur keterampilan
pemecahan masalah peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan
yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk penilaian yang digunakan untuk
menilai tugas proyek peserta didik yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Pengembangan produk ini menggunakan model 4D yang dimodifikasi menjadi
3D.Lokasi dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darul Hikmah Makassar.
Pengumpulan data menggunakan lembar validasi instrumen untuk mengukur kevalidan,
lembar angket respon guru untuk mengukur kepraktisan produk, serta analisis data tugas
proyek peserta didik untuk mengukur keefektifan produk. Data yang diperoleh dianalisis
dengan tehnik analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan instrumen penilaian.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditemukan bahwa instrumen yang dikembangkan
berupa instrumen penilaian proyek untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah
peserta didik telah memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata 3.26, kriteria
kepraktisan sangat baik dengan rata-rata nilai 3.44, dan kriteria keefektifan tinggi dengan
persentase 85.7%.Dengan demikian produk penilaian berupa produk yang dikembangkan
ini telah berkualitas valid, praktis dan efektif sehingga produk ini dapat digunakan dalam
kegiatan pembelajaran untuk menilai proyek peserta didik.
Article Details
References
Sukses Publishing, 2012.
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Kunandar. Peniaian Autentik (Penilaian Hasil
Belajar Peserta Didik Berdasarkan
Kurikulum 2013. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada, 2014.
Sani, Ridwan Abdullah. Penilaian Autentik. Cet.
I; Jakarta: Bumi Aksara, 2016.
Mania, Sitti.Pengantar Evaluasi Pengajaran.
Samata: Alauddin University Press,
2014.
Irmayanti. “Pengembangan Instrumen
Penilaian Keterampilan Kreatif Dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan
Pendekatan Project Based
Learning.”,Thesis. Bandar Lampung:
Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Lampung,
2017.
Arikunto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi
Pendidikan. Cet. XII; Yogyakarta: PT
Rineka Cipta, 2010
Muhammad Khalifah dan Guftan Dirwan “,
Development Of Worksheet Students Orieted
Scientific Approach At Subject Of Biology”,
(diakses 24 Agusttus 2019).