PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “INDAHNYA KEBERSAMAAN” DENGAN SUBTEMA “KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU”
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran tematik
berbasis scientific aproachpada tema Indahnya Kebersamaan dengan subtema Keberagaman
Budaya Bangsaku di kelas IV MI Darul Hikmah Makassar dengan menggunakan model Dick &
Carey.Instrumenyang digunakan dalampenelitianini adalahlembar validasi, lembar observasi
keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon guru, dan tes hasil belajar.Berdasarkan
hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu
RPP dan LKPD adalah 3,33 dan 3,22 berada dalam kategori valid, (2) Praktis berdasakan
observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 2, 97 yang berarti baik dan
angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approachdengan
nilai rata-rata 3, 80 yang berarti sangat baik, (3) Efektif berdasarkan tes hasil belajar memperoleh
data 90% peserta didik yang mencapai ketuntasan yang sangat tinggi dan yang mendapatkan 10%
mencapai ketuntasan tinggi, sehingga prentase ketuntasan mencapai 80, 83%. Dapat disimpulkan
bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific
approachpada tema organ indahnya kebersamaan dengan subtema keberagaman budaya bangsaku
di kelas IV MI telah memenuhi kriteria valid, prakis, dan efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe
Threaded untuk Siswa Kelas IV Sekolah
Dasar Mengacu Kurikulum 2013”. Yogyakarta: Program Studi
Pendidikan Sekolah Dasar Univeritas
Sanata Dharma.
Hidayahtullah. (2017). Pengembangan Lembar
Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis
Inkuiri Kelas IV SD Negeri 8 Metro
Timur. Skripsi, Bandar Lampung:
Program Magister Keguruan Guru
Sekolah Dasar Universitas Lampung.
Mursalim (30 tahun), Guru Kelas V MI Darul
Hikmah Makassar, Wawancara, Makass
ar, 10 Desember 2018.
Nurul Mu’minin MZ. (2019). Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Tematik-
Integratif Berbasis Sastra Bagi Siswa
Kelas V Sekolah Dasar. vol. 4 no. 3
(July 2016). http: //journal.uny.ac.id/index
.- php/jpe.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
No. 22 Tahun 2016, Standar Proses
Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.
32 Tahun 2013. Perubahan atas Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta.
Sugyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan
Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan
R&D (Cet. XX). Bandung : Alfabeta.
Yulinar. (2017). Pengembangan Lembar
Kegiatan Peserta Didik Berbasis Tematik
Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan
Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi,
Program Pasca Sarjana Universitas
Lampung.