PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA TEMA “INDAHNYA KEBERSAMAAN” DENGAN SUBTEMA “KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU”

  • Nurmia Nurmia Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muljono Damopolii Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Suarti Suarti Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan pengembangan perangkat pembelajaran tematik
berbasis scientific aproachpada tema Indahnya Kebersamaan dengan subtema Keberagaman
Budaya Bangsaku di kelas IV MI Darul Hikmah Makassar dengan menggunakan model Dick &
Carey.Instrumenyang digunakan dalampenelitianini adalahlembar validasi, lembar observasi
keterlaksanaan perangkat pembelajaran, angket respon guru, dan tes hasil belajar.Berdasarkan
hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) Hasil validasi perangkat pembelajaran yaitu
RPP dan LKPD adalah 3,33 dan 3,22 berada dalam kategori valid, (2) Praktis berdasakan
observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan nilai rata-rata 2, 97 yang berarti baik dan
angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific approachdengan
nilai rata-rata 3, 80 yang berarti sangat baik, (3) Efektif berdasarkan tes hasil belajar memperoleh
data 90% peserta didik yang mencapai ketuntasan yang sangat tinggi dan yang mendapatkan 10%
mencapai ketuntasan tinggi, sehingga prentase ketuntasan mencapai 80, 83%. Dapat disimpulkan
bahwa pada tahap uji coba yang dilaksanakan, perangkat pembelajaran tematik berbasis scientific
approachpada tema organ indahnya kebersamaan dengan subtema keberagaman budaya bangsaku
di kelas IV MI telah memenuhi kriteria valid, prakis, dan efektif.

References

Dedi Purnama. (2018). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Terpadu Tipe

Threaded untuk Siswa Kelas IV Sekolah

Dasar Mengacu Kurikulum 2013”. Yogyakarta: Program Studi

Pendidikan Sekolah Dasar Univeritas

Sanata Dharma.

Hidayahtullah. (2017). Pengembangan Lembar

Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis

Inkuiri Kelas IV SD Negeri 8 Metro

Timur. Skripsi, Bandar Lampung:

Program Magister Keguruan Guru

Sekolah Dasar Universitas Lampung.

Mursalim (30 tahun), Guru Kelas V MI Darul

Hikmah Makassar, Wawancara, Makass

ar, 10 Desember 2018.

Nurul Mu’minin MZ. (2019). Pengembangan

Perangkat Pembelajaran Tematik-

Integratif Berbasis Sastra Bagi Siswa

Kelas V Sekolah Dasar. vol. 4 no. 3

(July 2016). http: //journal.uny.ac.id/index

.- php/jpe.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

No. 22 Tahun 2016, Standar Proses

Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.

Tahun 2013. Perubahan atas Peraturan

Pemerintah Nomor 19 Tahun

tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta.

Sugyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan

R&D (Cet. XX). Bandung : Alfabeta.

Yulinar. (2017). Pengembangan Lembar

Kegiatan Peserta Didik Berbasis Tematik

Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan

Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Skripsi,

Program Pasca Sarjana Universitas

Lampung.

Published
2021-08-15
Section
Artikel
Abstract viewed = 65 times