PENGUJIAN AKTIVITAS INHIBITOR ENZIM TIROSINASE EKSTRAK N-HEKSAN DARI UMBI WORTEL (Daucus carrota L.)

  • Syamsuri Syakri UIN ALAUDDIN MAKASSAR
    (ID)
  • Khaerani Khaerani UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hasrawati Hasrawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang Pengujian aktivitas tirosinase ekstrak n-heksan DARI umbi wortel (Daucus carrora L.) mengandung senyawa flavonoid dan betakaroten golongan senyawa terpen yang merupakan senyawa yang dapat berpotensi untuk menghambat adanya tirosinae. Adanya inhibitor akan mengurangi dan menghentikan aktivitas tirosinase dalam memproduksi melanin yang nantinya akan mempengaruhi warna kulit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar aktivitas n-heksan umbi wortel (Daucus carrora L.) dalam menghibisi reaksi tirosin-tirosinase melalui nilai IC50 dengan konsentrasi 10 ppm, 15 ppm, 20 ppm, 25 ppm, 30 ppm, 35 ppm, 40 ppm, 45 ppm, dan 50 ppm. Pada penelitian ini, pengujian aktivitas enzim tirosinase memberikan hasil akhir berupa DOPAchrome yang dapat menyerap energi sinar tampak yang dilakukan dengan menggunakan ELISA reader pada panjang gelombang 490 nm, dengan menggunakan asam kojat sebagai control positif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak n-heksan umbi wortel (Daucus carrora L.)memiliki aktivitas sebagai inhibitor tirosinasedengan rata-rata persen inhibitor berturut-turut yaitu 39,7 %, 40,2 %, 42,3 %, 42,3 %, 46,8 %, 47 %, 47,8 %, 48,5 %, dan 48,9 %. Ekstrak n-heksan umbi wortel memiliki nilai IC50 yaitu 50 µg/mL. Sedangkan asam kojat memiliki nilai IC50 sebesar 20 μg / mL. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak n-heksan umbi wortel memiliki aktivitas yang paling kuat sebagai inhibitor tirosinase.

Author Biographies

Syamsuri Syakri, UIN ALAUDDIN MAKASSAR
FKIK Jurusan Farmasi UIN Alauddin Makassar
Khaerani Khaerani, UIN Alauddin Makassar
Farmasi Klinik

References

Cahyono, B. Analisis Ekonomi dan Teknik Bercocok Tanam Sayuran. Yogyakarta: Kanisius. 2006

Damayanti N, Listiawan MY. Fisiologi dan Biokimia Pigmentasi Kulit. Ilmu kulit dan Kelamin. 2004

Harbone, J.B. Metode Fitokimia. Penerbit ITB. Bandung. 1987

Hanani, E. Analisis Fitokimia. Jakarta: EGC. 2015

Hartanti, Lanny dan Setiyawan H.K. Inhibitory Potential Of Some Synthtic Cinnamic Acid Derivativestowards tyrosinase Enzym. Jakarta: UGM. 2009

Zuraida, Sagala. (2019).Uji Aktivitas Inhibisi Terhadap Enzim Ekstrak Etanol Daun Pepaya (Carica papaya L.) Secara In Vitro. Fakultas Farmasi Universitas 17 Agustus 1945: Jakarta.

Published
2020-12-05
Abstract viewed = 617 times