STUDENTS' PARTICIPATION IN ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC IN EAST PRIANGAN

Abstract

Abstract:

Participation in learning is used as a means to create effective learning to achieve learning success. Likewise, with online learning, participation has an important position that students must have. The form of learning participation can be realized in visual, oral, listening, writing and mental activities. The purpose of the study was to determine the level of student participation in online learning during the Covid-19 pandemic. The research population was all students in East Priangan, and the sample selected was 85 students who live in East Priangan. The research method used was survey research with a quantitative approach and data collection techniques through distributing questionnaires to the sample consisting of 85 students and indirect interviews. The research results indicated that online learning during the Covid-19 pandemic could be an effective way to be implemented, although, in practice, there were still some technical and non-technical obstacles.

Abstrak:

Partisipasi dalam pembelajaran digunakan sebagai sarana untuk menciptakan pembelajaran yang efektif guna mencapai keberhasilan belajar. Begitupun dengan pembelajaran online, partisipasi memiliki posisi penting yang harus dimiliki mahasiswa. Bentuk partisipasi belajar dapat diwujudkan dalam aktivitas visual, oral, menyimak, menulis dan mental.  Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan online di masa pandemi Covid-19.  Populasi penelitiannya adalah seluruh mahasiswa yang ada di Priangan Timur, dengan sampel yang digunakan yaitu 85 mahasiswa yang berdomisili di Priangan Timur. Adapun metode penelitiannya menggunakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan datanya melalui penyebaran kuisioner kepada sample yang terdiri dari 85 mahasiswa dan wawancara tidak langsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkuliahan online di masa pademi Covid-19 dapat dikatakan sebagai cara yang efektif untuk dilaksanakan, meskipun dalam pelaksanaannya masih ditemui adanya beberapa kendala baik teknis maupun non teknis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuyun Nuriyah Muslih, STAINU TASIKMALAYA
Dosen

References

Abdillah. (2020). Hasil survey pembelajaran online selama masa covid 19 prodi S1 MPI dengan responden 110 mahasiswa SM II, IV dan VI 1. Prodi S1 MPI FITK.

Abdullah, M. Y., Bakar, N. R. A., & Mahbob, M. H. (2012). Student's participation in classroom:what motivates them to speak up? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 51, 516–522. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.08.199.

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan metode pembelajaran. Semarang: Unissula Press.

Ali, M., Iskandar, R. A., Al-Amin, M. N., & Langove, N. U. (2017). Strengthening the academic usage of social media : An exploratory study. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 29(4), 553–561. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2016.10.002.

Anhusadar, L. O. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap kuliah online di masa pandemi. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609.

Daeng, K., Amir, J., & Hamsa, A. (2010). Pembelajaran keterampilan menyimak. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Dika, A., & Sylejmani, K. (2012). The level of impact on student success of participation in lectures and laboratory exercises. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 2403–2408. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.493.

Dohaney, J., de Róiste, M., Salmon, R. A., & Sutherland, K. (2020). Benefits, barriers, and incentives for improved resilience to disruption in university teaching. International Journal of Disaster Risk Reduction, 50. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101691.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973.

Kamah, I., Rachmanata, P., & Rachmanata, D. P. (2002). Pedoman pembinaan minat baca. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Kemendikbud. (2020). Biro komunikasi dan layanan masyarakat kementerian pendidikan dan kebudayaan. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/ 2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam-masa -darurat-covid19.

Muhidin, S. A., & Abdurahman, M. (2007). Analisis korelasi, regresi dan jalur dalam penelitian. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Muslih, Y. N., Wibowo, M. E., & Purwanto, E. (2017). Konseling behavioral menggunakan teknik kontrak perilaku dengan students’ logbook untuk meningkatkan minat membaca siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 34–43. https://doi.org/10.15294/JUBK.V6I1.17432.

Najib, W. (2017). Analisis Penerapan pembelajaran daring pada mata kuliah jaringan komputer dengan metode massive open online course ( MOOC ). ResearchGate, 1–10. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328715713_ Analisis_Penerapan_Pembelajaran_Daring_Pada_Mata_Kuliah_Jaringan_Komputer_dengan_Metode_Massive_Open_Online_Course_MOOC.

Nawawi, Qura, U., & Rahmayanti, I. (2017). Keterampilan berbicara sebagai suatu keterampilan berbahasa. Jakarta: Uhamka Press.

Prihatin, E. (2014). Manajemen peserta didik. Bandung: Alfabeta.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/integralistik/article/view/21834/.

Safrida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif berdasarkan lesson partisipasi mahasiswa dalam pembelajaran kooperatif berbasis lesson study (Undergraduate Students Participation in Cooperative Learning Based on Lesson Study). Jurnal Edukasi, IV(3), 54–58. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6304.

Samsudi. (2009). Disain penenlitian pendidikan (Edisi kedua). Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Shin, Y.-J. (2014). Mendidik anak di era digital kita menangkal efek buruk teknologi terhadap anak (kesatu). Jakarta: Naoura Books.

Slamet. (2003). Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syarif, E., Zulkarnaini, & Sumarno. (2009). Pembelajaran menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

UNESCO. (2020). School closures caused by Coronavirus (Covid-19). In Unesco. Retrieved from https://en.unesco.org/themes/education-emergencies/coronavirus-school-closures.

Published
2021-12-26
How to Cite
Muslih, Y. N., Komalasari, I., & Halimah, A. H. (2021). STUDENTS’ PARTICIPATION IN ONLINE LEARNING DURING COVID-19 PANDEMIC IN EAST PRIANGAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(2), 276-289. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n2i10.
Section
Vol. 24 No. 2
Abstract viewed = 351 times