PENDIDIKAN ISLAM DI MALAYSIA: JENIS, JENJANG, KEBIJAKAN, DAN TUJUAN PENDIDIKAN

  • Andi Aslindah Pesantren Manbaul Ulum, Maros
    (ID)

Abstract

Abstract: The  purpose of education in Islam is among others to form Muslim personal in the development of spiritual, physical, emotional intellectual and social. It is not only produced good citizens but also covers the formation of a complete human capital in terms of religious and worldly life. In addition, the education that is based on the teachings of Islam also aimed at producing righteous human that can meet the needs of the world and life in the hereafter. The main focus of this article is about the  development of Islamic Education in Malaysia, the type and level of education, and education policy in Malaysia.

Abstrak: Tujuan Pendidikan Islam adalah membentuk pribadi muslim yang mengembangkan potensi spiritual, fisik, emosi, intelektual dan sosial. Tujuan pendidikan islam bukan hanya menghasilkan orang yang baik tapi juga mencakup pembentukan manusia yang bersifat religious dan duniawi. Lebih banjut pendidikan harus didasarkan pada pengajaran Islam yang bertujuan menghasilkan manusia yang berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan dunia dan kehidupan di akhirat. Fokus utama dari penelitian ini adalah pengembangan pendidikan Islam di Malaysia, jenis dan tingkatan pendidikan di Malaysia, dan kebijakan pendidikan di Malaysia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Amin. Filsafat Etika Islam: Antara Al-Gazali dan Kant. Cet. II; Bandung: Mizan, 2002.

Abdullah, Abdul Rahman Haji. Pemikiran Islam di Malaysia: Sejarah dan Aliran. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1997.

Ahmad, Amrullah et.al.Dimensi Hukum Islam dalam Sistim Hukum Nasional. Cet. I; Jakarta: Gema Insani Press, 1996.

Akbar, Almas. “Pendidikan Malaysia (Kajian Perbandingan Pendidikan),” Khazanah Keilmuan PAI, ¬http://almasakbar¬¬45.blogspot.com¬/2012/04/bab-i-pendahu¬lu¬an-latar-belakang.html, 24 Oktober 2014.

Assegaf, Abd. Rachman. Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. Cet. II; Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

--------. Internasionalisasi Pendidikan: Sketsa Perbandingan Pendidikan di Negara-Negara Islam dan Barat. Yogyakarta: Gamma Media, 2003.

A. Ibrahim, Qasim dan Muhammad A. Saleh. Buku Pintar Sejarah Islam: Jejak Langkah Peradaban Islam dari Masa Nabi Hingga Masa Kini.Cet. II; Jakarta: Zaman, 2014.

Daulay, Haidar Putra. Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media, t.th.

Dewan Redaksi Ensiklopedia Islam. Ensiklopedia Islam Jilid III. Cet. II; Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 1994.

Muzani, Zaiful.Pembangunan dan Kebangkitan Islam di Asia Tenggara. Cet. I; Jakarta: LP3ES, 1993.

Radili, Adi. “Dinamika Perkembangan Islam di Asia Tenggara.” Blog Ar-Sembilan, http://arsembilan.blogspot.com/2013/10/makalah-dinamika-perkembangan.html, 23 Oktober 2014.

STAIN Pekalongan. “Study Potret Sistem Pendidikan di Malaysia.” Blog Komunitas Blogger Pekalongan, 24 April 2013. http://pekalonganbatiktv.blogspot.¬¬com¬-/2013/04/makalah-study-potretsistem-¬pendidikan.html,¬ 24 Oktober 2014.

Supardi, Ahmad. Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Angkasa, 1992.

Supriyoko, Surat Kabar Harian “KEDAULATAN RAKYAT”, Yogyakarta, Edisi 13 Desember 2000.

Published
2015-06-01
How to Cite
Aslindah, A. (2015). PENDIDIKAN ISLAM DI MALAYSIA: JENIS, JENJANG, KEBIJAKAN, DAN TUJUAN PENDIDIKAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 16-26. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a2
Section
Vol. 18 No. 1
Abstract viewed = 4964 times