THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATION TO EDUCATIONAL METHODS

  • Andi Achruh Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Shabir U. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract:

Islamic education is a system consisting of several important components that are interconnected. Among the existing components is the method of education. This study aimed to determine the learning methods used in Islamic education. This research used library research with a qualitative approach. Data sources were derived from various works of literature, including books, articles, newspapers, and documents. The data analysis techniques used were content and descriptive analyses. The finding indicated that several teaching methods used in Islamic education, including; 1) Lecture method, 2) Discussion method, 3) Demonstration method, 4) Insertion method, 5) Wrapping method, and 6) Inquiry method. Therefore, teachers are required to choose and determine the right method so that the achievement of educational goals can be carried out effectively and efficiently.

Abstrak:

Pendidikan Islam merupakan suatu sistem yang terdiri dari beberapa komponen penting yang saling berhubungan. Diantara komponen yang ada adalah metode pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari berbagai karya kepustakaan, antara lain buku, artikel, surat kabar, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa metode pengajaran yang digunakan dalam pendidikan Islam antara lain: 1) Metode Ceramah, 2) Metode Diskusi, 3) Metode Demonstrasi, 4) Metode Sisipan, 5) Metode Bungkus, dan 6) Metode Inquiry. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memilih dan menentukan metode yang tepat agar pencapaian tujuan pendidikan dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, A. S. (2005). Educational Theory a Quranic Outlook, diterjemahkan Oleh M. Arifin dan Zainuddi, Teori-Teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. Rineka Cipta.

Afzalurrahman. (1980). Islam, Ideologi and the Way of Life. Singapore: Pustaka Nasional.

Ahmad, K. (1958). Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam (M. Hashem (ed.); II). Bandung: Kota Kembang.

Al-Abrasyi, A. (1992). Attarbiyatul Islamiyah (I). Beirut: Dar Al-Syamiyah.

Al-Syaibani, U. M. al-T. (1979). Falsafah Pendidikan Islam (H. Langgulung (ed.)). Jakarta: Bulan Bintang.

Amir, A. R. (2002). Materi Mata Kuliah Pendekatan dalam Pengkajian Islam 2, PPS UIN Alauddin. Ujung Pandang: IAIN Alauddin.

Arifin, M. (1994). Ilmu Pendidikan Islam: Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Jakarta: Radar Jaya Offset.

Daud, M. (2006). Pendidikan Agama Islam (I). Jakarta: Raja Gafindo.

Departemen Agama RI. (1997). Al-Qur’an dan Terjemahnya (XI). Semarang: PT. Toha Putra.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia (III). Jakarta: Balai Pustaka.

Fikri, M. (2011). Konsep Pendidikan Islam: Pendekatan Metode Pengajaran. Journal of Islam Futura, 11(1), 116–128. https://doi.org/10.22373/jiif.v11i1.66.

Hidayat, T., Syahidin, & Rizal, A. S. (2021). Filsafat Metode Mengajar Omar Mohammad Al-Toumy Al Syaibany dan Implikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 94–115. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14002.

Kurniawan, B. (1997). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Cipta Pelajar.

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Sistem dan Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam. Azkia Pustaka Utama.

Muhajir, N. (1998). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Nasution, S. (2001). Asas-Asas Kurikulum (IV). Jakarta: Bumi Aksara.

Rianie, N. (2015). Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam: Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat. Journal of Management of Education, 1(2), 105–117. https://doi.org/10.18592/moe.v1i2.350.

Salim, A. M. (1999). Metodologi Tafsir Sebuah Rekonstruksi Efistimologis Memanfaatkan Keberadaan Ilmu Tafsir Sebagai Disiplin ilmu, Orasi Pengukuhan Guru Besar. Ujung Pandang: IAIN Alauddin.

Soetoe, S. (1982). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI.

Uhbiyati, N. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Usman, B. (2007). Metododologi Pembelajaran Agama Islam (I). Jakarta: Ciputat Pres.

Published
2021-06-16
How to Cite
Achruh, A., Rasyid, M. R., Nursalam, N., & U., M. S. (2021). THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC EDUCATION TO EDUCATIONAL METHODS. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 24(1), 114-121. https://doi.org/10.24252/lp.2021v24n1i11.
Section
Vol. 24 No. 1
Abstract viewed = 323 times