TELAAH KRITIS TERHADAP PERENCANAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN

  • M. Yusuf Seknun Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Kampus II: Jalan Sultan Alauddin Nomor 36 Samata-Gowa
    (ID)

Abstract

Abstrak: Tulisan ini mengkaji secara kritis mengenai perencanaan dalam proses pembela­jaran. Tujuan dari tulisan ini adalah membangun pemahaman yang jelas dan utuh tentang mengapa dan bagaimana merancang suatu bentuk pembelajaran yang sistematis, terencana, terarah, dan efektif. Keberhasilan pendidikan banyak ditentukan bagaimana optimalisasi upaya pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan serta mengevaluasi sistem pembelajarannya. Perencanaan dalam proses pembela­jaran merupakan skenario pembelajaran yang menjadi acuan pelaksanaan program pembelajaran bagi pihak pendidik, dan pengalaman belajar yang sistematis dan efektif bagi pihak peserta didik. Penyusunan perencanaan program pembelajaran sebagai suatu proses melibatkan berbagai aspek seperti kedisiplinan, ilmu pengetahuan, realitas, sistem dan teknologi pembelajaran sehingga pelaksanaan pembelajaran berjalan lebih lancar dan hasilnya lebih baik.

Abstract: This article discusses about planning in an instructional process. The purpose of the writing is to deepen a clear and whole understanding of how and why the instruction should be designed in the systematic, planned, oriented, and effective forms.  The successfulness of education is mostly influenced by how the teachers’ role optimalized in designing, implementing, and evaluating the instructional system. Instructional design is an instructional scenario that becomes a reference for implementing of the instructional program done by educators and a syste­matic and effective learning experience for learners. The arrangement of ins­tructional program as a process involves many aspects such as discipline, know­ledge, reality, system, and technology of instruction so that the implementation of instruction can run well and get a very good result.   

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-06-18
How to Cite
Seknun, M. Y. (2014). TELAAH KRITIS TERHADAP PERENCANAAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 80-91. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a6
Section
Vol. 17 No. 1
Abstract viewed = 1993 times