PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN DUAMPANUA KABUPATEN PINRANG
Abstract
Abstract: The aim of this study were 1) to find out the level of teachers’ professionalism in MTs at Duampanua District, Pinrang Regency, 2) to find out the level of student achievement in MTs at Duampanua disctict, Pinrang Regency. 3) to find out the effect of teachers’ professionalism toward student achievement in MTs at Duampanua Distict, Pinrang Regency. This research was descriptive quantitative, with ex post facto design. The location of this research was MTs at Duampanua District, Pinrang Regency. The population of this research was the headmaster, teachers, students, parents, and other elements in all MTs at Duampanua district, Pinrang regency, with a sample of 25% of the total population. The data collection methods were observation, interviews, questionnaires, and documentation. The technique of data analysis was the quantitative using percentage. The results of the research showed that teacher professionalism was good in both aspects quality and quantity. Student achievement was classified high category. The effect of teachers’ professionalism toward the increasing of student achievement measured by the six aspects was in the high category.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan; 1) mengetahui tingkat profesionalisme guru pada Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Duampanua kabupaten Pinrang. 2) mengetahui tingkat prestasi siswa pada Madrasah Tsanawiyah di kecamatan Duampanua kabupaten Pinrang. 3) mengetahui tingkat profesionalisme guru pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa pada Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan jenis penilitian Ex Post Facto. Lokasi penelitian ini adalah Madrasah Tsanawiyah di wilayah Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang. Populasi dari penelitian ini adalah kepala madrasah, guru, siswa, orang tua, dan unsur lainnya dalam lingkup Madrasah Tsanawiyah se Kecamatan Duampanua Kabupaten Pinrang, dengan sampel 25% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah persentase kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme guru cukup memadai baik dari aspek kualitas maupun kuantitasnya. Prestasi belajar siswa tergolong dalam kategori tinggi. Pengaruh profesionalisme guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa yang diukur dengan enam aspek masuk dalam kategori tinggi.
Downloads
References
Ahmad Tafsir, llmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Cet. I; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.
Ali, Muhammad, Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Cet. II; Bandung: Sinar Baru, 1989.
Al-Qur'an Al-Karim
Arifin, M., llmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Ashraf, AH, The New Horison. Diterjemahkan oleh Soni Siregar dengan judul Horison Baru Pendldikan Islam, Jakarta: Pustaka Firdaus, 1993.
Azra, Azyumardi, Pendldikan Islam Tradisi dan Modernitas Menuju Millenium Baru. Jakarta: Logos Wacana llmu, 1999.
Burhanuddin, Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1994.
Carter, V. Good, Dictionary of Education. Third Edition; New York: McGraw-Hill Book Company, 1973.
Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. 2; Jakarta: Bumi Aksara, 1992.
Departemen Agama RI, Himpunan Peraturan dan Perundang-undangan Tentang Pendidikan Nasional (Perguruan Agama Islam). Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam, 2000.
Departemen Agama RI, Kendali Mutu Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2001.
Departemen Agama RI, Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Ditjen Bimbaga Islam, 2001.
Departemen Agama RI., Al-Qur'an dan Terjemahnya. Edisi Baru; Bandung: Lubuk Agung, 1995.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Buku I Konsep dan Pelaksanaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah/Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, 2001.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI, Undang-Undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI. No. 20 Th. 2003). Jakarta: BP. Cipta Jaya, 2003.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI., Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Fadjar, A. Malik, Flatform Reformasi Pendidikan dan Pengembangan SDM. Cet. II; Jakarta: Logos, 2001.
Fadjar, A. Malik, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Cet. 1; Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penyusunan Naskah Indonesia (LP3NI) 1998.
Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan. Cet. Ill; Jakarta: Remadja Rosdakarya, 2000.
Handoko, Hani, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2; Yogyakarta: BPFE, 1994.
Harold Koontz, Cytil O'Donnel, Heinz Wheichrich, Management, Eight Edition; diterjemahkan oleh Alfonso Sirait dengan judul Manajemen. Jilid I; Cet. VIII; Jakarta: Erlangga, 1996.
Hasibuan, Melayu, Manajemen Oasar Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung, 1985.
Isa, Muhammad Kamal, DR., Khasaish Madrasatin Nubuwah, diterjemahkan oleh Chairul Halim dengan judul Manajemen Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Fikahati Aneska, 1994.
Madjid, Nurcholis, Bilik-bilikPesantren. Cet. I; Jakarta : Yayasan Paramadina, 1997.
Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Hmu, 1994.
Mappanganro, Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Ujungpandang: Al-Kalam, 1996.
Mardalis, Metode Peneliiian Suatu Pendekatan Proposal. Cet. Ill; Jakarta: Bumi Aksara, 1993.
Mustafa, Abdullah, dkk., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia, 1997.
Nata, Abdullah, Paradigma Pendidikan Islam Kapita Selekta Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Gramedia, 2001.
Nata, Abdullah, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.
Ndraha, Taliziduhu, Pengantar Teori Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1999.
Pidarta, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1988.
Rahim, Husni, Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Ridha", Muhammad Rasyid, Al-Tarbiyah Al-Islamiyah Wa Al-Tarikh Islamy "Al-Manar". Beirut-Libanon: Daral-Fikr, 1314 H/1935 M.
Steenbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah, Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Cet. II; Jakarta: LP3ES, 1988.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Cet. I; Bandung: RemadjaRosdakarya, 1999.
Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar. Cet. V; Jakarta: PT. Raja Gra findo Persada, 2006.
Syalabi, Ahmad, Al-Tarbiyah Al-Islamiyah, Nuzumubah, Falsafatuha, Thariquha. Cairo: Maktabah Al-Naqdah Al-Misyriyah, 1987.
Tabana, Imam Badwy, Ilrya 'UlumuddmLil Imam al-Ghazali. Jilid I; Saudi Arabiyah: Dar al-Ihya al-Kutub al-Arabiyah, t.th.
Usman, M. Basyiruddin, Metodologi Pembelajaran Agama Islam. Cet. III; Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Uwes, Sanusi, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen. Cet. I; Jakarta: Logos Wacana limu, 1999.
Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II; Jakarta: Up., 1979.
Zuhairini, dkk., Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).