PENENTUAN KRITERIA DAN FAKTOR PRIORITAS NASABAH DALAM PEMBUATAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYC HIERARCHY PROCESS (AHP)

  • Wahidah Alwi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Isna Dwi Yulianti Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nuraeni Nuraeni Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Peneltian ini membahas tentang penentuan kriteria dan faktor prioritas nasabah dalam pembuatan kartu kredit dengan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process.  Metode AHP merupakan salah satu alat analisa dalam pengambilan keputusan banyak kriteria, sehingga diperoleh peringkat elemen-elemen menurut relatif pentingnya yang akan diuji apakah sudah konsisten atau belum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggetahui pengambilan keputusan kriteria dan faktor prioritas nasabah dalam pembuatan kartu kredit dengan menggunakan metode Analitic Hierarchy Process. Nilai Consistency Index(CI) < 0.10,  Consistency Ratio(CR) 0.9. Kriteria yang di gunakan pada penelitian ini yaitu suku bunga, diskon, limit dan iuran, adapun alternatif yang digunakan yaitu bank BCA, MANDIRI, BNI dan BRI, dimana dari hasil pemilihan kriteria oleh nasabah diskon merupakan faktor utama dalam pembuatan kartu kredit disusul oleh iuran, limit dan suku bunga dengan masing-masing bobot yang diperoleh adalah 112%, 106%, 67% dan 41%. Sedangkan pada pemilihan alternatif bank yang menjadi prioritas utama nasabah dalam kriteria Suku bunga dan Iuran adalah bank BCA yang kemudian disusul oleh bank Mandiri, BNI dan BRI, sedangkan untuk prioritas utama nasabah pada kriteria Diskon dan Limit adalah bank BCA, BRI, Mandiri dan BNI.

Author Biographies

Wahidah Alwi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika
Isna Dwi Yulianti, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika
Nuraeni Nuraeni, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Program Studi Matematika

References

Park H. J., Leslie Davis Burns. 2005.Jurnal. Fashion Orientation, Credit Card Use, and Compulsive Buying.Article in Journal. South Korea.

Iskandar Syamsu. 2013. Bank dan Lembaga KeuanganLiannya Edisi Revisi: In-Media.

Rahmadiana wulan. Jurnal. Analisis Permintaan Kartu Kredit di BNI card center Medan. vol. 1 No.10.

Khalida Sukandar Nabila. 2014. Jurnal. Penerapan Metode Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) dalam Penilaian Kinerja Pegawai. Universitas Pendidikan Indonesia.

Iryanto. 2008. Eksposisi AHP dalamRisetOperasi: Cara Efektif untuk Pengambilan Keputusan. Medan: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara.

T.L, Saaty and L.G. Vargas. 2012. Jurnal. “Models, Methods, Concepts & Application of the Analytic Hierarchy Process, Internasional Series in Operations Research & Management Science”,Vol 175.

Tozan Hamka. 2011. Skripsi.Fuzzy AHP Based Decision Support System For Technology Selection In Abrasive Water Jet Cutting Processes

Published
2019-08-14
How to Cite
[1]
W. Alwi, I. Dwi Yulianti, and N. Nuraeni, “PENENTUAN KRITERIA DAN FAKTOR PRIORITAS NASABAH DALAM PEMBUATAN KARTU KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITYC HIERARCHY PROCESS (AHP)”, MSA, vol. 7, no. 1, pp. 38 - 43, Aug. 2019.
Section
Artikel
Abstract viewed = 546 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>