PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN BERPUASA ANAK USIA 5-6 TAHUN

  • Muhammad Rusydi Rasyid Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Yusuf Tahir Prodi PIAUD FTK UINAM
    (ID)
  • Nurul Inayah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Dahlia Patiung Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ida Nurhidayat Thahir TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas Cabang Karunrung Kota Makassar
    (ID)

Abstrak

Perkembangan agama anak khususnya untuk pengetahuan anak tentang keutamaan berpuasa bagi umat muslim sangat penting untuk distimulasi, karena menjadi dasar pada anak agar dapat mengenal agama yang dianut. Melalui kegiatan bercerita secara langsung dapat menstimulasi perkembangan agama anak khususnya tentang pengetahuan keutamaan berpuasa bagi umat muslim di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan berpuasa anak setelah penerapan metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk service learning ini dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Perumnas dengan jumlah partisipan sebanyak 4 anak dengan 2 anak perempuan dan 2 anak laki-laki. Instrumen yang digunakan berupa kertas bergambar, lembar observasi pada anak dan lembar keterlaksanaan intervensi. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pengabdian menunjukkan anak mampu meningkatkan pengetahuan berpuasa melalui metode kegiatan bercerita. Hasil temuan dalam penelitian ini mengimplikasikan bahwa peningkatan pengetahuan berpuasa 2 anak perempuan lebih baik daripada peningkatan pengetahuan berpuasa 2 anak laki-laki.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-31
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 266 times

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##