PROGRAM BANTUAN MODAL BERBASIS DUSUN DAN RUKUN WARGA PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

  • Masyita Masyita Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Abdul Halim Talli Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Bantuan Modal;, Dusun;, Rukun Warga;, Siyasah Syar'iyyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemberian Bantuan Modal Berbasis Dusun dan Rukun Warga di Kabupaten Bantaeng. Metode penulisan yang digunakan adalah penulisan kualitatif dengan pendekatan yuridis dan normatif syar’i. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bantuan Modal Berbasis Dusun dan Rukun Warga diatur dalam Peraturan Bupati Nomor 20 Tahun 2019, dan prosesnya dimulai dari tahap penjajakan usaha dominan disetiap dusun/rukun warga, musyawarah ditingkat dusun/rukun warga, verifikasi faktual oleh pemerintah desa/kelurahan, musyawarah ditingkat desa/kelurahan, pelatihan kewirausahaan yang diselenggrakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan proses terakhir adalah penyaluran dana yang dilakukan oleh Dinas Koperasi. Dalam perspektif siyasah syar’iyyah, program tersebut merupakan upaya mulia dan Islam mewajibkan pemerintah untuk berupaya mengentaskan kemiskinan dan pengangguran, sehingga program tersebut sangat relevan dan sejalan dengan prinsip kemaslahatan.

Referensi

Jurnal

Abdullah, Dudung. “Musyawarah dalam Al-Qur’an (Suatu Kajian Tafsir Tematik).” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 3, no. 2 (2014).

Abdullah, Dudung. “Perspektif Al-Qur’an tentang Posisi Manusia dalam Memakmurkan Alam Raya.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 5, no. 1 (2016).

Asriani dan Usman Jafar. “Telaah Hukum Tata Negara Islam atas Peraturan Daerah Bernuansa Agama (Syariah).” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Aswinda dan Usman Jafar. “Pertanggungjawaban Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantaeng Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021).

Hasan, Hamzah. “Konflik dan Ketegangan dalam Hukum Islam antara Stabilitas dan Perubahan.” al-daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 2 (2015).

Jafar, Usman. “Negara dan Fungsinya (Telaah atas Pemikiran Politik).” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 1 (2015).

Jayadi, Ahkam. “Peran Nilai-Nilai Religiositas dalam Pembangunan dan Penegakan Hukum Negara.” Jurisprudentie 6, no. 1 (2019).

Karim, Syahrir. Politik Desentralisasi Membangun Demokrasi Lokal. (Makassar: Alauddin University Press, 2012).

Maloko, M. Thahir. “Etika Politik dalam Islam.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 1, no. 2, (2013).

Novraini, Andi Ghea dan Subehan Khalik. “Sistem Kekuasaan Komunitas To Lotang Perspektif Siyasah Syar’iyyah (Studi Desa Otting Kabupaten Sidenreng Rappang).” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021).

Safriani, Andi. “Telaah Terhadap Asas Akuntabilitas dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.” Jurisprudentie 4, no. 1 (2017).

Salam, Alda Amadiarti dan Kurniati. “Studi Kritis Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021): 256.

Sohrah. “Konsep Syura dan Gagasan Demokrasi (Telaah Ayat-Ayat Al-Qur’an).” al-daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 1 (2015).

Widjaja, Abdi. “Sejarah Kedudukan Hukum Islam dalam Konstitusi-Konstitusi Indonesia (Sistem Ketatanegaraan di Indonesia).” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 7, no. 2 (2018).

Buku

Ali, Zainuddin. Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Arbani, Tri Suhendra dan Kusnadi Umar. Hukum Pemerintahan Daerah dan Desentralisasi Fiskal; (Analisis Konsep Pengalokasian Dana Alokasi Umum (DAU) dan Strategi Kemandirian Keuangan Daerah). Makassar: Alauddin University Press, 2020.

Hardani, dkk. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.

Jafar, Usman. Hukum Tata Negara Islam 2 Telaah atas Pengelolaan Pemerintahan dan Diplomasi dalam Bingkai Syar’iyyah. Watampone: Penerbit Syahadah, 2016.

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana, 2012.

Tahir, Arifin. Kebijakan Politik dan Transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Bandung: Alfabeta, 2015.

Website

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bantaeng, Jumlah Pengangguran Terbuka, Jumlah Penduduk Miskin serta Laju Pertumbuhan Ekonomi Bantaeng tahun 2019-2020, diakses tanggal 13 Agustus 2021. https://bantaengkab.bps.go.id

Wawancara

Lestari, Indrawan, Kepala Bidang Usaha Ekonomi Masyarakat Desa, Sumber Daya Alam & Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, wawancara, Bantaeng, tanggal 5 Juli 2021.

Sahabuddin, Wakil Bupati Bantaeng, wawancara, Bantaeng, tanggal 6 Juli 2021.

Saparuddin, Kepala Pusat Layanan Usaha Terpadu Dinas Koperasi, wawancara, Bantaeng, tanggal 2 Juli 2021.

Diterbitkan
2022-05-29
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 93 times