TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DESA DALAM MEWUJUDKAN AKUNTABILTAS PEMERINTAHAN

Studi Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba

  • Andi Irham Fathullah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Alimuddin Alimuddin Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penyelenggaraan pemerintahan desa di Desa Kindang dalam mendukung akuntabilitas pemerintahan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) Kualitatif dengan pendekatan yuridis normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penyelenggaraan pemerintahan di Desa Kindang saat ini masih jauh dari prinsip pemerintahan yang baik. Di lihat dari tiga prinsip utama good governance, yakni prinsip partisipasi, prinsip transparansi, maupun prinsip akuntabilitas, pemerintah desa belum dapat menerapkannya dengan maksimal. Hambatan–hambatan yang terjadi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang baik di Desa Kindang, yaitu masih kurangnya pemahaman terkait tugas pokok dan fungsi pemerintah desa, kurangnya koordinasi pihak pemerintah dengan Badan Permusyawaratan Desa, dan adanya konflik masyarakat desa.

Referensi

Jurnal

Formanto, Bobby. “Model Kepemimpinan Islami Umar Bin Abdul Aziz dan Relevansinya dalam Ekonomi Syariah.” Jurnal Al- Misbah 1, no. 2 (2020).

Hastriana, A., Kurniati dan Rahmiati. “Polemics Of Power In Islamic Law Perspective.” Al- Risalah 20, no. 2 (2020).

Iqbal, Andi Muhammad dan Nila Sastrawati. “Tinjauan Hukum Tata Negara Islam Terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 1 (2020).

Jannah, Jamila Miftahul dan Halimah Basri. “Kemampuan Pemerintah Desa Swatani Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba Dalam Pengelolaan Alokasi Dana Desa.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 2 (2020).

Kamaruddin dan Usman Jafar. “Tata Kelola Pemerintahan Desa Lampoko Kecematan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar Perspektif Siyasah Syariyyah.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 2 (2020).

Kurnia, Rahmi, dkk. “Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus pada Desa-desa di wilayah kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten pasaman barat).” Jurnal Eksplorasi Akuntansi 1, no. 1 (2019).

Kurniati dan Rahmiati. “The Epistimologi Of Siyasah Studies In The Philosophy Of UIN Alauddin Makassar Scientific Trains.” Jurnal Al Tasyr’iyyah 1, no. 1 (2021).

MS, Mohammad Amar dan M. Chaaerul Risal. “Kepemimpinan Kepala Desa Kaluku Kabupaten Jeneponto Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Perspektif Siyasah syar’iyyah.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 2 (2021).

Nur, Muhammad dan Kasjim Salenda. “Pengawasan Inspektorat Kabupaten Dalam Pengelolaan Dana Desa Perspektif Hukum Tata Negara Islam.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 3 (2021).

Saiful dan Alimuddin. “Analisis Tentang Pemekaran Desa (Studi Desa Nampar Sepang Kabupaten Manggarai Timur).” Jurnal Siyasatuna 2, no. 1 (2021).

Saiful, Sabri Samin dan Abdul Wahid Haddade. “Bentuk Partisipasi Masyarakat dalam Mengawasi Pengelolaan Dana Desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo Kabupaten Bima.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 3 (2021).

Safriani, Andi. “Telaah Terhadap Asas Transparansi Dalam Pengelolaan Dana Desa.” Jurisprudentie 7, no. 1 (2020).

Sandi dan Andi Safriani. “Eksistensi Badan Permusyawaratan Desa Dalam Penetapan Peraturan Desa.” Jurnal Siyasatuna 2, no. 1 (2021).

Setiawan, Ade. “Pengelolaan Alokasi Dana Desa dalam Mewujudkan Good Governance.” Jurnal Among Makarti 11, no. 22 (2018).

Satriawati, Anggun dan Alimuddin. “Asas Kepentingan Umum Dalam Pembangunan Desa Campaloga Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju.” Jurnal Siyasatuna 1, no. 3 (2020).

Buku

Isnaini, Yusran. Memahami Desa: Tinjauan UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa Dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Ebook, 2019.

Suteki dan Galang Taufani. Metodologi Penelitian Hukum Filsafat, Teori dan Praktik, Depok: PT. RajaGrafindo Persada, 2018.

Peraturan

Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Wawancara

Abu dzar Alghifari, Sekertaris Desa, Wawancara, Desa Kindang, 10 Desember 2021.

Andi Aspriadi, Tokoh Masyarakat, Wawancara, Desa Kindang, 10 Desember 2021.

Andi Awaluddin, Camat Kec. Kindang, Wawancara, Kindang, 15 Desember 2021.

Andi Baso, Tokoh Masyarakat, Wawancara, Kindang, 20 Desember 2021.

Andi Habibi, Masyarakat Desa, Wawancara, Desa Kindang 23 Desember 2021.

Ilham, Bendahara Desa, Wawancara, Desa Kindang, 10 Desember 2021.

Muhammad Abduh, Pelaksana Teknis, Wawancara, Desa Kindang, 16 Desember 2021.

Diterbitkan
2023-01-25
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 96 times