Pengaruh Credit Card dan Online Shopping terhadap Compulsive Buying pada Masyarakat di Kota Makassar dengan Financial Literacy Sebagai Variabel Moderating

  • Muhammad Taslim Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Rusnawati Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Miftha Farild Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)

Abstract

Perkembangan pada era globalisasi saat ini ditandai dengan beberapa transfigurasi yang terjadi sangat pesat, salah satunya adalah kondisi perdagangan dan ekonomi. Dengan terjadinya hal tersebut, maka masyarakat dituntut untuk menyesuaikan keadaan yang telah berubah dikarenakan oleh stream of globalization. Perkembangan ekonomi bukan lagi untuk pemenuhan kebutuhan, melainkan mengarah pada kegiatan compulsive buying. Kegiatan ini terjadi pada masyarakat perkotaan yang moderen mulai dari metode pembayaran menggunakan credit card hingga kemudahan dalam berbelanja secara online yaitu online shopping. Maka dari itu dibutuhkan financial literacy yang baik dalam mengantisipasi dari dampak buruk globalisasi.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 150 responden pada masyarakat di Kota Makassar dengan menggunakan rumus Hair. Metode perhitungan jumlah sampel nonprobability sampling dengan teknis purposive sampling kepada masyarakat Kota Makassar dengan kriteria tertentu. Dalam pengolahan data dibantu oleh software SmartPLS.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa credit card berpengaruh positif dan signifikan terhadap compulsive buying, online shopping berpengaruh positif signifikan terhadap compulsive buying, Credit card berpengaruh positif dan signifikan terhadap Compulsive buying dengan Financial Literacy sebagai variabel moderating, Online shopping berpengaruh positif dan signifikan terhadap Compulsive buying dengan Financial Literacy sebagai variabel moderating.

Kata Kunci: Credit Card, Online Shopping, Compulsive Buying, Financial Literacy

 

Author Biography

Rusnawati, Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia

Asisten Ahli

Published
2023-03-31
How to Cite
Taslim, M., Rusnawati, & Farild, M. (2023). Pengaruh Credit Card dan Online Shopping terhadap Compulsive Buying pada Masyarakat di Kota Makassar dengan Financial Literacy Sebagai Variabel Moderating. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 4(1), 29-39. https://doi.org/10.24252/(ssbm).v4i1.36883
Abstract viewed = 93 times