Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Aspek Produksi dan Sistem Marketing Bisnis Skincare Ratu Glow

  • Syaharuddin Syaharuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Fitriani Irfan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Awaluddin Awaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

The main problem of this research is how to apply Islamic business ethics in an effort to increase consumer confidence in the Ratu Glow skincare business. This type of research is a qualitative field study, with the research approach used being a normative theological and phenomenological approach. Then the primary data source for this research comes from Ratu Glow management and consumers who have used Ratu Glow skincare. The data collection methods used were observation, interviews and documentation. The results of this research reveal that the Ratu Glow skincare business has implemented Islamic business ethics in its business operations, both in the production aspect and in the marketing aspect. The forms of Islamic business ethics that have been applied to the production aspect of Ratu Glow's skincare business include the principle of monotheism, the principle of justice, the principle of freedom, the principle of responsibility and the principle of Ihsan. Meanwhile, the business ethics applied to the marketing aspect are honesty, trust, fathana, tabliq and tolerance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adira Rahmawaty, Peran Perawatan Kulit (Skincare) Yang Dapat Merawat Atau Merusak Skin Barrier, B I M F I Volume 7 No.1, 2020.

Anisatur Rosyida, Analisis etika bisnis Islam dalam jual beli kosmetik di toko Clareiza online shop Kabupaten Ngawi, tahun 2020.

Ayu Saras Wati dkk, Tinjauan Etika Bisnis Islam dan Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen pada Praktik Jual Beli Produk Pemutih Wajah Tanpa Label, Jurnal Hukum Ekonomi Syariah Volume 6, No 2, Tahun 2020.

Duratun Nafis, Iplementasi Etika Bisnis Islam Dalam Usaha Rumah Makan (Studi Kasus Usaha Rumah Makan Wong Solo Batoh, Kec. Lueng Bata Kota Banda Aceh), tahun 2019.

Disfa Lidian Handayani, Etika Bisnis Islam: Sebuah Kajian Komparatif, Baabu Al-Ilmi Vol.4 No.1 April 2019.

Darussalam Tajang dkk, Konsep Etika Bisnis Islami dalam Kitab Sahih Bukhari dan Muslim, 2020.

Elida elfi barus dan Nuriani, Implementasi etika bisnis islam (studi pada rumah makan wong solo medan), jurnal perspektif ekonomi darussalam volume 2 nomor 2, tahun 2016.

Erly Juliyani, Etika Bisnis Dalam Persepektif Islam, Jurnal: Ummul Qura 7, no. 1, 2016.

Fathuddin, Penerapan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Facebook Marketplace (Studi pada Penjual di Polewali Mandar), 2021.

Fitri Amalia, Etika Bisnis Islam: Konsep Dan Implementasi Pada Pelaku Usaha Kecil, Jurnal: Al- Iqtishad 6, no. 1, 2014.

Giska dkk, Penerapan Etika Bisnis Islam di Rumah Makan Kaledo Stereo Palu, Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Vol.1 No. 1 Tahun 2019.

Imam Sopingi, “Etika Bisnis Menurut Al-Ghazali: Telaah Kitab Ihya Ulum Al-Din”,Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2016.

Iflachah Lailatul Riha Dkk, Analisis Perbandingan Minat Konsumen Remaja Putri Siswa SMK Pariwisata Terhadap Produk Kosmetik Skincare Antara Produk Lokal Di Surabaya Dan Produk Luar Negeri ((Korea), Jurnal Volume 10 Nomor 3, 2021.

Irwanto & Laurensia Retno Hariatiningsih, Penggunaan Skincare Dan Penerapan konsep Beauty 4.0 Pada Media Sosial(Studi Netnografi Wanita Pengguna Instagram), Journal Komunikasi, Vol 11 No.2, September 2020.

Lexy J. Moeloeng, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 26; Bandung : Rosdakarya, 2009.

Muhammad Zia Ulhaq, Implementasi etika bisnis islam perspektif Maqasid syariah pada rumah makan hayaku dan Rumah makan ayam goreng nelongso Yogyakarta, tahun 2021.

Muhamad Pauzy dan Arga Sutrisna Mengukur Kepuasan Konsumen Produk Skin Care Melalui Kualitas Produk Depy, Jurnal Ecomen Global Volume 6 Nomor 2 , Edisi Agustus 2021.

Norvadewi, Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip Dan Landasan Normatif), Jurnal: Al- Tijary 1, no. 1, 2015.

Orin Oktasari, Bisnis Kosmetik Dalam Etika Bisnis Islam, Jurnal Al-Intaj, Vol.4,No 1, Tahun 2018.

Saifudin, Penerapan Etika Bisnis Islam dan Loyalitas Konsumen Pada Usaha Pedagang Komoditi Pangan di Pasar Cikpuan Kota Pekan Baru Provinsi Riau 2021.

Sri Nawatmi, Etika Bisnis Dalam Perspektif Islam , Fokus Ekonomi Vol. 9 No. 1, 2010.

Published
2024-12-31
How to Cite
Syaharuddin, S., Irfan, F., & Awaluddin, A. (2024). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Aspek Produksi dan Sistem Marketing Bisnis Skincare Ratu Glow. Jurnal Iqtisaduna, 10(2). https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v10i2.45730
Section
Volume 10 Nomor 2 (2024)
Abstract viewed = 15 times

Most read articles by the same author(s)