PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 MAKASSAR

  • Imam Permana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ilman Borahima AR SMPN 2 Sungguminasa
    (ID)
  • Fitriani Kadir Universitas Muslim Maros
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh penerimaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XII IPA SMA Negeri 8 Makassar. teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk variabel penerimaan diri dan kemandirian belajar, serta instrumen dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar. ketiga variabel dianalisis dengan teknik analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kemampuan mengenali diri dan skor rata-rata kemampuan mengontrol diri siswa masing-masingberada pada kategori tinggi. Serta skor rata-rata intensi menyontek mata pelajaran fisika siswa berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel maka Ha diterima, artinya pengaruh yang signifikan antara penerimaan diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika kelas XII IPA SMA Negeri 8 Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif Tiro, Muhammad. 2000. Dasar-dasar statistika Edisi Revisi. Makassar. State Universitas of Makassar Press.

Arifin, M. 1983. Kapita Selekta Pendidika;. Semarang: Toha Putra.

Asrori, Muhammad. 2008. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Buchari, Alma.2009. Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian; Bandung: Alfabeta.

Darsono, Max dkk. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : IKIP Press.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadi, Amirul & H. Haryono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan; Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusumohadi, Sutrisno. 1985.. Kemandirian Tonggak Pembangunan. Solo: Sari Bunga Rampai.

Ludjito, Ahmad. 1998. Pendidikan Agama Sebagai Subsistem dan Implementasinya dalam Pendidikan Nasional. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Nazir, Moh. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siregar, Sofian. 2011. Statistik Deskriptif untuk Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya; Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Revisi. Cetakan XII; Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D; Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.

Sujana, Nana. 1987. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sumiati & Azra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung; CV Wacana Prima.

Suryabrata, Sumadi. 1984, Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

_______________. 2001. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV Rajawali.

_______________. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta; Rajawali Pers.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Syarif. 1998. Psikologi Pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

The Liang Gie. 1984, Efektifitas Belajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Tim Penyusun Kamus. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem Pendidikan Nasional; Jakatra: Sinar Grafika.

Usman, Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wibowo, Hery. 2010. Psikologi untuk Pengembangan Diri; Bandung: Widya Padjajaran.

Zulaifah, Nuru. 1994l. Peranan Pendidikan Keterampilan Terhadap Kemandirian Anak. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

http://Belajar dan perubahan perilaku.com: (diakses pada tanggal 08 mei 2012).

http://www.lontar.ui.ac.id/digital/126197-153.83LEOpPenerimaan_Diri Literatur.pdf: (diakses pada tanggal 03 Juli 2013).

http://www.scribd.com/doc/22094435/penerimaan-diri : (diakses pada tanggal 28 mei 2013).

Published
2020-03-24
How to Cite
Permana, I., AR, I. B., & Kadir, F. (2020). PENGARUH PENERIMAAN DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII IPA SMA NEGERI 8 MAKASSAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 82-91. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.12922
Section
Articles
Abstract viewed = 480 times