EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SPLD (SERVED PRODUCT LEARNING AND DISCUSSION) MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL ONLINE FACEBOOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SINJAI BARAT

  • Sunardi Nasir
  • Santih Anggereni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran keaktifan belajar peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sinjai Barat setelah belajar menggunakan SPLD melalui media sosial online facebook dan untuk mengetahui keefektifan SPLD melalui media sosial online facebook pada aktivitas pembelajaran peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sinjai Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Sinjai Barat yang berjumlah 62 orang peserta didik sedangkan sampelnya adalah XI IPA 1 berjumlah 21 orang peserta didik yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah lembar observasi keaktifan peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar peserta didik berada pada kategori tinggi. SPLD melalui media sosial online facebook efektif diterapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia. 2013.

Ali, Muhammad. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2014.

Anggara, Agung Meisa. Pemanfaatan Jejaring Sosial Melalui Grup dalam facebook sebagai Sarana Pengelolaan Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas X SMA (Siswa Kelas X6 dan X7 SMAN 1 Banjarharjo – Brebes). Skripsi. Semarang: UNNES, 2013.

Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: Rosda, 2014.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.

Creswell, John W. Educational Research Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education, 2012.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Kemenag RI, 2010.

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, 2009.

Kurniali, Sartika. Step by Step Facebook Edisi Revisi. Jakarta: Flex Media Komputindo, 2009.

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2016.

Passer, Michael W. dan Smith, Ronald E. Psychology The Science of Mind and Behavior Fourth Edition. New York: The McGraw-Hill, 2009

Pengawas Sekolah Menengah. Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Depdiknas, 2008.

Ratnasari, Anita. Studi Pengaruh Penerapan e-Learning terhadap Keaktifan Mahasiswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar Studi Kasus Universitas Mercu Buana Jakarta, Jurnal. (Jakarta: Universitas Mercubuana Jakarta, 2012

Rusdiana, A. dan Heryati, Yeti. Pendidikan Profesi Keguruan (Menjadi Guru Inspiratif dan Inovatif). Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2013.

Santoso, Singgih. SPSS Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2000.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2015.

Suardi, Moh. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Sudjana, Nana dan Suwariah, Wari. Model-model Mengajar CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2010.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R & D, Cet. VI. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imtima, 2007.

Trianto. Model-model Pembelajaran Inovatif Beriorentasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2011.

Widyoko, S. Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar. 2013.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Published
2017-03-01
How to Cite
Nasir, S., & Anggereni, S. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SPLD (SERVED PRODUCT LEARNING AND DISCUSSION) MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL ONLINE FACEBOOK TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMAN 1 SINJAI BARAT. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 36-38. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2917
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 279 times