PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN FISIKA PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS SMA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan instrumen tes hasil belajar kognitif dan untuk mengetahui kualitas instrumen tes hasil belajar kognitif mata pelajaran fisika pada pokok bahasan usaha dan energi SMA kelas XI semester I. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran akan tetapi pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan instrumen tes pada kelas XI SMA Negeri Khusus Jeneponto dengan jumlah 4 soal pilihan ganda, 4 soal menjodohkan, 4 soal benar salah, 4 soal isian dan 4 soal esai dengan total soal keseluruhan yaitu 20 soal sudah baik dan layak digunakan. Berdasarkan dari hasil uji ahli menunjukan penilaian sebesar 3,88 untuk semua aspek yang ditanyakan dengan kriteria sangat valid.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasra Evaluasi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Bloom, Benjamin S. Taxonomy Of Educational Objectives. London: Longmas. 1956.
David, Mckay Compani. INC. Taxonomy Of Educational Objectives The Classification Of Educational Goals. America: Printed The United State. 2001.
Djaali dan Pudji Muljono, Pengukuran dalam BidangPendidikan. Jakarta: PPs UNJ, 2004.
Ibnu, Trianto Badar al-Tabany. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Edisi Pertama. Jakarta : Prenadamedia Group, 2014.
Mania, Sitti. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Makassar: UIN Press. 2012.
Mulyatiningsih, Endang. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar, 2014.
Siregar, Syofian. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Edisi Kedua. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Sunaryo, wowo kuswana. Taksonomi kognitif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012.
St. Syamsudduha. Penilaian Berbasis Kelas Konsep dan Apliksi. Yogyakarta: Aynat Publishing, 2014.
Thoha, M. Chabib. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2003.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.