PENGGUNAAN METODE LEARNING CELL BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI
Abstract
Abstrak Penelitian ini merupakan quasi eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) seberapa besar kemampuan numerik dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode Learning Cell berbasis Grup Investigation dan tanpa berbasis Grup Investigation pada kelas XI IPA MAN Baraka; 2) Ada tidaknya perbedaan kemampuan numerik dan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Learning Cell berbasis Grup Investigation dan tanpa berbasis Grup Investigation pada kelas XI IPA MAN Baraka. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu the matching-only posttest-only kontrol group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan numerik antara peserta didik yang diajar dengan metode Learning Cell Berbasis Group Investigation dan peserta didik yang diajar metode Learning Cell Berbasis Group Investigation serta tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan metode Learning Cell Berbasis Group Investigation dan peserta didik yang diajar metode Learning Cell Berbasis Group Investigation.Downloads
References
Barkley, Elizabert E,dkk, 2012, Collaborative Learning Techniques (Teknik-teknik Pmebelajaran Kolaboratif).Terj.Narulita Yusron, Nusamedia, Bandung
Febriyanti,Diya,dkk,2016,Pengaruh Strategi The Learning Cell Disertai Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas X Man 2 lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016,Tidak diterbitkan.
Frankel, Jack And Norman S.Wallen, 2009, How To Design And Evaluate Research In Education. McGraw-Hill, New York
Hasbullah, 2005, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, RajaGrafindo Persada, Jakarta
Lestari,Wiwit Damayanti, 2016.Penerapan Pembelajaran Koperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Terhadap Kemamapuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP.Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.1 No. 2,pp 154-164
Huda,Mifahul,2013, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metode Dan Paradigmatis, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta
Nasta’in,2014,Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Metodethe Learning Cell Pada Mata Pelajaran PAI Materi Menceritakan Kisah Nabi Kelas V Semester I,. Tidak diterbitkan.
Nurhadi, dkk,2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Universitas Negeri Malang, Malang
Sani, Ridwan Abdullah, 2013, Inovasi Pembelajaran.,Bumi Aksara,Jakarta
Santoso,Erik,2016,Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matimatik. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics) Vol.1No.1,pp 10-20
Shihab,M.Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah, Lentera Hati, Jakarta
Sumarni,2012,Model-ModelPembelajaran Geografi, Aditya Media, Malang
Suprijono,Agus,2013, Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem, Pustaka Pelajar, Malang
Susilawati,Yeni,2012,Perbedaan Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Metode Group Investigation Pada Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Cebongan 02 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012”.Program Studi PGSD FKIP-UKSW.Tidak diterbitkan.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.