PENGGUNAAN METODE LEARNING CELL BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI

  • Khairul Amaliah mansyur Adduri
    (ID)
  • Thamrin Tayeb Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muh. Syihab Ikbal

Abstract

 Abstrak Penelitian ini merupakan quasi eksperimen, yang bertujuan untuk mengetahui:1) seberapa besar kemampuan numerik dan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan metode Learning Cell berbasis Grup Investigation dan tanpa berbasis Grup Investigation pada kelas XI IPA MAN Baraka; 2) Ada tidaknya perbedaan kemampuan numerik dan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode Learning Cell berbasis Grup Investigation dan tanpa berbasis Grup Investigation  pada kelas XI IPA MAN Baraka. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu the matching-only  posttest-only kontrol group  design. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  kemampuan numerik antara  peserta didik  yang  diajar  dengan  metode  Learning Cell  Berbasis Group Investigation dan peserta didik yang diajar metode  Learning Cell  Berbasis Group Investigation serta tidak  terdapat  perbedaan  hasil  belajar  fisika  antara  peserta didik  yang  diajar  dengan  metode  Learning Cell  Berbasis Group Investigation dan peserta didik yang diajar metode  Learning Cell  Berbasis Group Investigation.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barkley, Elizabert E,dkk, 2012, Collaborative Learning Techniques (Teknik-teknik Pmebelajaran Kolaboratif).Terj.Narulita Yusron, Nusamedia, Bandung

Febriyanti,Diya,dkk,2016,Pengaruh Strategi The Learning Cell Disertai Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik Kelas X Man 2 lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016,Tidak diterbitkan.

Frankel, Jack And Norman S.Wallen, 2009, How To Design And Evaluate Research In Education. McGraw-Hill, New York

Hasbullah, 2005, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, RajaGrafindo Persada, Jakarta

Lestari,Wiwit Damayanti, 2016.Penerapan Pembelajaran Koperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Proyek Terhadap Kemamapuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP.Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.1 No. 2,pp 154-164

Huda,Mifahul,2013, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metode Dan Paradigmatis, Pustaka Pelajar Offset, Yogyakarta

Nasta’in,2014,Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Dengan Metodethe Learning Cell Pada Mata Pelajaran PAI Materi Menceritakan Kisah Nabi Kelas V Semester I,. Tidak diterbitkan.

Nurhadi, dkk,2004, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Universitas Negeri Malang, Malang

Sani, Ridwan Abdullah, 2013, Inovasi Pembelajaran.,Bumi Aksara,Jakarta

Santoso,Erik,2016,Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matimatik. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics) Vol.1No.1,pp 10-20

Shihab,M.Quraish, 2002, Tafsir Al-Misbah, Lentera Hati, Jakarta

Sumarni,2012,Model-ModelPembelajaran Geografi, Aditya Media, Malang

Suprijono,Agus,2013, Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem, Pustaka Pelajar, Malang

Susilawati,Yeni,2012,Perbedaan Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing Dan Metode Group Investigation Pada Hasil Belajar IPA Peserta didik Kelas V SD Cebongan 02 Salatiga Semester II Tahun Ajaran 2011/2012”.Program Studi PGSD FKIP-UKSW.Tidak diterbitkan.

Published
2017-03-01
How to Cite
mansyur Adduri, K. A., Tayeb, T., & Syihab Ikbal, M. (2017). PENGGUNAAN METODE LEARNING CELL BERBASIS GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN NUMERIK DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(1), 25-31. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i1.2976
Section
volume 5 Nomor 1, 2017
Abstract viewed = 476 times