PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN FISIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisikayang signifikan antara : 1) siswa yang menggunakan strategi Jigsaw dan yang menggunakan
metode konvensional pada siswa yang memiliki motivasi tinggi ; 2) siswa yang menggunakan
strategi Jigsaw dan yang menggunakan metode konvensional pada siswa yang memiliki
motivasi rendah dan 3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsawkonvensional)
dengan motivasi siswa (tinggi - rendah) dalam pencapaian hasil belajar siswa
kelas X SMAN 1 Bontonompo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen
dengan desain factorial dan rancangan penelitian yaitu faktorial 2 x 2. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran (Jigsaw dan
Konvensional) dan Motivasi Belajar (tinggi dan rendah) dalam pencapaian hasil belajar
fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontonompo
Downloads
Download data is not yet available.
References
Adam R, Antony. Cooperative Learning Effects
On The Classroom. Northern Michigan :
Northern Michigan. Northern Michigan
University. 2013.
Purwanto. Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar, 2011.
Suprijono, Agus. Coperative Learning Teori dan
Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka
Pelajar, 2013.
Published
2016-09-01
How to Cite
Rasyidin, R., Syihab Ikbal, M., & Sulasteri, S. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA PELAJARAN FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 96-99. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3712
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.