PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pembelajaran CTL dan yang tidak di ajar menggunakan pembelajaran CTL di kelas IPA MAN 1 Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X IPA yang berjumlah 191 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling sample penelitian ini sebanak 78 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu Tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data yaitu siswa memperoleh predikat B sebanyak 28 orang dan 11 orang memperoleh predikat A, sedangkan yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL rata-rata memperoleh predikat B sebanyak 32 orang dan 7 orang memperoleh predikat A dari 39 siswa. Berdasarkan perolehan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dan tanpa diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Perbeadaan dapat pula dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dan yang tidak diajar diperoleh nilai rata rata sebesar 83,6 dan 80,6.Downloads
References
Abdisa, Garuma dan Tesfaye Getinet. 2012. The Effect of Guided Discovery on Students’ Physics Achievement. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 6, No. 4
Al-Sharaf, Adel. 2012. Developing Scientific Thinking Methods and Applications
in Islamic Education. Kuwait University. Pages: 1
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Bahri Syaiful, Djamarah dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Djaja, Wahjudi. Desain pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.
Gunawan, Imam dan Palupi Anggraini Retno. 2013. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian.
{Online}Tersedia:http://www.google.com/2_Imamgun&Anggraini_TaksonomiBloom_RevisiRanah Kognitif. pdf (03 Juli 2014)
Howey R, Kneth. 2001. Distance Teaching for Hight and Adult Education. London: Croon Helm (Publisher)
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.