PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Kasmawati Kasmawati
  • Nur Khalisah Latuconsina UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasati Abrar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan hasil belajar siswa  yang  diajar menggunakan pembelajaran CTL dan yang tidak di ajar menggunakan pembelajaran CTL di kelas IPA MAN 1 Makassar. Populasi  penelitian ini adalah  siswa kelas X IPA  yang berjumlah 191 siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling sample penelitian ini sebanak 78 siswa. Instrumen penelitian ini  yaitu Tes hasil belajar. Teknik analisis data  yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data yaitu  siswa memperoleh predikat B sebanyak 28 orang dan 11 orang memperoleh predikat A, sedangkan yang tidak diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL rata-rata  memperoleh predikat B sebanyak 32 orang dan 7 orang memperoleh predikat A dari 39 siswa. Berdasarkan perolehan tersebut dapat dilihat bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang diajar dan tanpa diajar dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Perbeadaan dapat pula dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran contextual teaching learning (CTL) dan yang tidak diajar diperoleh nilai rata rata sebesar 83,6 dan 80,6.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdisa, Garuma dan Tesfaye Getinet. 2012. The Effect of Guided Discovery on Students’ Physics Achievement. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 6, No. 4

Al-Sharaf, Adel. 2012. Developing Scientific Thinking Methods and Applications

in Islamic Education. Kuwait University. Pages: 1

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bahri Syaiful, Djamarah dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djaja, Wahjudi. Desain pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012.

Gunawan, Imam dan Palupi Anggraini Retno. 2013. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian.

{Online}Tersedia:http://www.google.com/2_Imamgun&Anggraini_TaksonomiBloom_RevisiRanah Kognitif. pdf (03 Juli 2014)

Howey R, Kneth. 2001. Distance Teaching for Hight and Adult Education. London: Croon Helm (Publisher)

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana, Nana. 2008. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.

Published
2017-09-01
How to Cite
Kasmawati, K., Latuconsina, N. K., & Prasati Abrar, A. I. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 5(2), 70-75. https://doi.org/10.24252/jpf.v5i2.3482
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 2015 times