EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIKS TERHADAPKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN EKSPLORASI PESERTADIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasilbelajar peserta didik kelas VIII5 MTsN Model Makassar sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat peningkatanhasilbelajarsetelahpenerapan model pembelajarankontekstualpadapesertadidikkelas VIII5MTsN Model Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dan menggunakan desain One Group pre-test-pos-test. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tesdanobservasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata hasilbelajarpesertadidikdenganmenggunakan model pembelajarankonvensionalatau data awaladalah 48,62 beradapadakategoricukupbaiksedangan rata-rata hasilbelajarpesertadidik yang diajarkandenganmobelpembelajarankontekstualadalah 60,51berada dalamkategoribaik. Sedangkan hasil inferensial yaitu T tabel˂ Thitung(2,02˂5,81)sehingga terdapat terdapat perbedaan hasilbelajarpeserta didik yang diajarkandengan model pembelajarankonvensionalatau data awaldanhasilbelajar yang diajarkandenganmenggunakan model pembelajarankontekstual.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2003.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Peneltian.Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2007.
Arifin, Zaenal. Evaluasi Pembelajaran Prinsisp Teknik Prosedur. Bandung. Remaja Rosdakarya, 2010.
Aunurrahman. Belajar danPembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2009
Dimyati, dkk. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: rineka cipta, 2002.
Daryanto. Penelitian tindakan kelas beserta contoh-contohnya.yogyakarta:gaya media, 2011.
Depdikbud. KamusBesarBahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1988.
Ishak baego, dkk. Dasar evaluasi pendidikan. Makassar: alauddin press, 2011.
Jumadi. Pembelajaran kontekstual dan implementasinya. http//www.al- tempoin.com.pdf (18 november 2014).
Rooijakkers. Mengajar dengan Sukses: Petunjuk untuk Merencanakan dan Menyampaikan Pengajaran. Jakarta: Grasindo, 2003.
Rafikah. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme. Makassar: alauddin university press, 2013.
Rusman. Model-model pembelajaran. Jakarta: Rajawali pres, 2012.
Sanjaya, wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Sugiyono.Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methoods). Bandung: Alfabeta, 2013.
Suprijono, Agus. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2010.
Suherman, Erman,dkk. Strategi Pembelajaran. Bandung:Jica, 2003.
Suryabrata, sumadi. Metodelogi penelitian. Jakarta: Rajawali pers, 2013.
Sunardi dkk. Matematika SMA kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
Trianto.Model Pembelajaran Terpadu (Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: BumiAksara, 2010.
Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Praswanto, andi. Pengembangan bahan ajar tematik. Yogyakarta: Diva Press, 2013.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.