Pola Kerjasama & Ketidaksejahteraan Komunitas Petani Rumput Laut di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba

  • Umar Sulaiman Dosen Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola kerjasama pada komunitas petani rumput laut di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba terdiri atas kerjasama petani dengan petani rumput laut lainnya, petani rumput laut dengan pemilik modal, dan petani rumput laut dengan pengumpul,(2) potensi penghambat komunitas petani rumput laut di Kecamatan Ujung Loe kabupaten Bulukumba untuk meningkatkan kesejahteraan-nya adalah modal, skill atau keterampilan, tingkat pendidikan formal, serta sarana dan prasarana produksi, dan (3) model kerjasama yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan komunitas petani rumput laut, yaitu kerjasama petani dengan petani, petani dengan pemilik modal, dan petani dengan pengumpul.

References

Agusanty, Harnita dan Andi Adri Arief. Kemitraan Usaha dan Jaringan Sosial Pembudidayaan Rumput Laut di Kabupaten Takalar (Studi Kasus Desa Punaga, Kecamatan Mangarabombang).

Ahmadi, Ruslan. 2005. Memahami Metodologi Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).

Arif, Andi Adrie. 2008. Partisipasi Masyarakat Nelayan di Kabupaten Takalar (Studi Kasus Desa Tamasaju, Kecamatan Galesong Utara). Jurnal Hutan dan Masyarakat, Vol.3.

Batoa, Hartina; Amri Jahi; dan Djoko Susanto. (2008). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kompetensi Petani Rumput Laut di Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara. Jurnal Penyuluhan, Vol. 4. No. 1. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Kusnadi. 2004. Polemik Kemiskinan Nelayan. Yogyakarta: Pondok Edukasi dan Pokja Pembaruan Bantul.

Mahmud, Ernida; M. Syawal; & Sitti Bulkis. T.t. Strategi Peningkatan Kemandirian Petani Rumput Laut di Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. KPU Bone dan Sistem-sistem Pertanian, PPS Universitas Hasanuddin, Makassar.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Narwoko, J. Dwi dan Bagong Suyanto. 2010. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Poloma, Margaret M. 2007. Contemporary Sociological Theory. Diterjemahkan dengan Judul Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Radjagrafindo Persada.

Poloma, Margaret M. 2007. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rahmat, Afiet. 2009. Analisis Usaha Tani Rumput Laut dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga. Afiet Blog. Htm.

Rosjidan. 1996. Pendidikan Keluara Indonesia Sejahtera Tinjauan dari Segi Pendidikan. Makalah. Ujungpandang: Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia III.

Salman, Darmawan. 2006. Jagad Maritim: Dialektika Modernitas Artikulasi Kapitalisme pada Komunitas Konjo Pesisir Sulawesi Selatan. Makassar: Ininnawa.

Soekanto, Soerjono. 1992. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soetrisno, Loekman. 1995. Menuju Masyarakat Partisipatif. Jakarta: Kanisius.

Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Sosiologi Dasar Analisis, Teori dan Pendekatan Menuju Analisis Masalah-masalah Sosial, Perubahan Sosial dan Kajian-kajian Strategis. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Stanis, Stefanus; Supriharyono, dan Aziz Nur Bambang. 2007. Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Melalui Pemberdayaan Kearifan Lokal di Kabupaten Lembata Propinsi Nusa Tenggara Timur. www.pdffactory.com.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Edi. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Kajian Strategis Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: Refika Aditama.

Tangko, Abdul Malik. 2008. Potensi dan Prospek serta Permasalahan Pengembangan Budidaya Rumput Laut di Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Media Akultur Volume 3 Nomor 2 Tahun 2008.

Published
2015-06-24
How to Cite
Sulaiman, U. (2015). Pola Kerjasama & Ketidaksejahteraan Komunitas Petani Rumput Laut di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 4(1), 239-249. https://doi.org/10.24252/ad.v4i1.1517
Abstract viewed = 598 times