Perspektif Masyarakat Terhadap Perilaku Oknum Polisi Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Wilayah Kepolisian Daerah Gorontalo

  • Hijrah Lahaling Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)
  • Kindom Makkulawuzar Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)
  • Rafika Nur Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)
  • Darmawati Darmawati Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)
  • Nur Insani Fakultas Hukum, Universitas Ichsan Gorontalo, Indonesia
    (ID)

Abstract

Kualitas pelayanan publik Polri dipengaruhi oleh penilaian masyarakat. Baik buruknya penilaian masyarakat dipengaruhi oleh tinggi rendahnya kesenjangan antara harapan masyarakat dengan kenyataan pelayanan yang diterimanya. Adapun penilaian masyarakat terhadap kinerja Polri dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap anggota Polri itu sendiri. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap perilaku oknum Polisi mempengaruhi kualitas pelayanan publik di Wilayah Kepolisian Daerah Gorontalo. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Sumber data berupa data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku oknum Polisi yang melakukan tindak pidana akan berpengaruh pada kualitas pelayanan publik. Berhasil tidaknya pelayanan publik sangat ditentukan oleh perilaku aparat yang merupakan salah satu indikator layanan publik. Sedangkan pandangan masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik menunjukkan hasil yang baik, namun harus dipertahankan dan ditingkatkan agar menjadi lebih baik, dengan memperhatikan responsivitas, kesopanan, akses, komunikasi, dan atribut pendukung layanan. Selain itu, pentingnya mendorong lahirnya sebuah kebijakan atau instrumen hukum tentang aplikasi berbasis teknologi yang mudah diakses, cepat, terjangkau dan terukur, agar masyarakat lebih mudah mengetahui perkembangan laporan pengaduan, serta strategi dalam menciptakan pelayanan publik yang inklusi dan berbasis HAM.

Keywords: Pelayanan Publik; Perilaku Polisi; Perspektif Masyarakat

References

Book:

H.A.S, Moenir. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2002.

Tjiptono, dkk. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2016.

Zeithaml, Delivering Quality Service. Jakarta: Gramedia, 2009.

Journal Article:

Fikri, Sirhan, Wahyu Wiyani, dan Agung Suwandaru, “Pengaruh Kuliatas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa, Jurnal Bisnis dan Manajemen (Studi pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu PolitikUniversitas Merdeka Malang),” Jurnal Bisnis dan Manajemen 3, no.1 (2016): 120-134.

Gusnaedi, Edi. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Yang Menginap Pada Hotel Bumi Senyiur Samarinda,” eJournal Administrasi Bisnis, 7, no. 4 (2019): 488-501.

Hidayati, Tetra. “Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Serta Kepercayaan Masyarakat Pada Kepolisian Sektor (Polsek) Bengalon,” Jurnal Ekonomika-Bisnis 5, no. 1 (2014): 45-62.

Pancarudin, Akhmad. “Pengaruh Citra Kepolisian dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Polres Metro,” Jurnal Simplex 2, no. 2 (2019): 1-9.

Sarwani, “Pengaruh Kinerja Polri dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Sim Satlantas Polres Tanggamus,” Jurnal Simplex 2, no. 2 (2019): 42-48.

Santoso, Joko Bagio. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen: (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun),” Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16, no. 1 (2019): 127-146.

Regulation:

Republik Indonesia, Penjelasan Undang-undang No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Republik Indonesia, Undang-Undang No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Wawancara

Agung Gumara Samosir, S.Tr.K, Kasat Reskrim Polres Boalemo, wawancara, Polres Boalemo, tanggal 04 Maret 2021.

Wakil Kepala Kepolisian Polres Pohuwato, wawancara, Polres Pohuwato, tanggal 04 Maret 2021.

Published
2023-06-22
How to Cite
Lahaling, H., Makkulawuzar, K., Rahmawati, R., Nur, R., Darmawati, D., & Insani, N. (2023). Perspektif Masyarakat Terhadap Perilaku Oknum Polisi Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Di Wilayah Kepolisian Daerah Gorontalo. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 12(1), 78-89. https://doi.org/10.24252/ad.vi.37229
Abstract viewed = 397 times