QUANTUM LEARNING SEBAGAI PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab harus diaplikasikan sebagai suatu proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengatasi kelesuan pembelajaran bahasa Arab selama ini. Tugas terbesar yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah mengubah persepsi para siswa bahwa bahasa Arab itu sulit dan termasuk momok bagi mereka sehingga penerapan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan diharapkan akan menghilangkan sterotip siswa tersebut dengan sendirinya. Quantum Learning mengasumsikan bahwa proses pembelajaran seperti sebuah orkestra yang tergabung dari beberapa komponen tapi mampu menghasilkan alunan nada yang menghibur bukan hanya mereka yang tergabung dalam orkestra tersebut tapi termasuk mereka yang ada di sekitarnya. Oleh karena itu, untuk mewujudkan pembelajaran bahasa Arab yang yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan, segala potensi yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab harus dimaksimalkan.References
DePorter., Bobby dan Mike Hernacki, Quantum Learning: Unleashing the Genius in You, diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Cet. XXV; Bandung: Kaifa, 2007.
DePorter., Bobby dkk., Quantum Teaching: Orchestrating Student Success, diterjemahkan oleh Ary Nilandari, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Cet. XI; Bandung: Kaifa, 2003.
Guruvalah, Quantum Learning Melejitkan Potensi Anda, dikutip dari Artikel Majalah Sang Surya, Samarinda Kalimantan Timur, http://www.geocities.com (06 Oktober 2011)
Kurnia., Saptiawan Santana, Quantum Learning bagi Pendidikan Jurnalistik: (Studi pembelajaran jurnalistik yang berorientasi pada life skill), http://akhmadsudrajat.wordpress.com. (06 Oktober 2011)
Rostikawati., R. Teti, Mind Mapping dalam Metode Quantum Learning dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar dan Kreatifitas Siswa. http://pkab.wordpress.com (06 Oktober 2011)
Ramadhan., A. Tarmizi, Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, http://tarmizi.wordpress.com. (06 Oktober 2011)
Saryono., Djoko, Pembelajaran Quantum sebagai Model Pembelajaran yang Menyenangkan, http://www.microsoft.com. (06 Oktober 2011)
Shīnī., Mahmud Ismail dkk., Mursyid al-Muallim fī Tadrīsi al-Lughah al-Arabiyah lil Ghairi an-Nātiqīna Biha, Cet. II; Riyadh: Maktabah al-Tarbiyah al-Arabiyah lil Daūli al-Halīj, 1985.
Syalabi., Ahmad, Ta’līm al-Lugah al-Arabiyah lil Ghairil Arab, Kairo: Maktabah anNahdah al-Mishriyah, 1980.
Wahab., Muhbib Abdul, Tantangan dan Prospek Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia, Arabic Translation and Intercultural Dialogue Association, www.atida.org (06 Oktober 2011)
The authors of a work hold the copyright and grant the Al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan the right of first publication. The work is also licensed under the Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0), which enables others to share the work while acknowledging the authorship and initial publication in the journal. The authors can make separate contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published version of the work, such as by posting it to an institutional repository or editing it for a book, with an acknowledgment of its initial publication in this journal. Authors are allowed and encouraged to post their work online, such as in institutional repositories or on their website, before and during the submission process. This can lead to productive exchanges and greater citation of the published work.