Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving dalam Mencapai Hasil Belajar Fisika SMP Negeri 3 Leihitu

  • Randi Hasim Latukau
  • I Gede Purwana Edi Saputra
  • Rizky Fatmalasari L
  • Imam Permana
  • Azmar Azmar
Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Problem Solving

Abstrak

Penelitian  ini  dilakukan  dalam  upaya  meningkatkan  kualitas  hasil  belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Leihitu dengan menerapkan metode Problemm Solving.   Problem   Solving   yang   diterapkan   dalam   penelitian   ini   lebih menekankan   kemampuan   peserta didik   dalam   menghadapi   masalah   dan menentukan  solusi  penyelesaian  masalah.  Peserta  didik  dipacu  untuk  kreatif, aktif  dan  tanggap  terhadap  masalah-masalah  yang  berkaitan  dengan  mata pelajaran  fisika  khususnya  materi  Gaya.Jenis  penelitian  yang  digunakan adalah  penelitian  deskriftif.  Sampel  penelitian  ini  adalah  siswa  kelas  VIII1yang berjumlah 30 orang siswa. Efektifitas dari pembelajaran pada penelitian ini dapat diketahui setelah di lakukan analisis terhadap hasil tes yakni pre test dan  post  test.  Efektifitas  pencapaian  standar  kompetensi  siswa  dianalisis dengan  menggunakan  uji-t.Setelah  melakukan  analisis  data  diperoleh  hasil bahwa pembelajaran dengan metode problem solvingsangat efektifitas karena melalui  uji-t  dimana  nilai  thitlebih  besar  22,13  yang  di  peroleh  melalui  nilai ttabsebesar  2,042.  Sedangkan  pada  aspek  kognitif,  aspek  afektif,  dan  aspek psikomotor  siswa  dengan   metode  ini  terlihat  bahwa  tingkat  penguasaan meningkat secara signifikan dengan presentase ketuntasan sebesar 96,66%

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi. Mahasatya.

Fayanto, S., Amaluddin, L. O., Rahmat, R., Surdin, S., Ramadhan, M. I., Hidayat, D. N., Sejati, A. E., & Purwana, I. G. (2019). The Effectiveness of Outdoor Learning in Improving Spatial Intelligence. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 667–680. https://doi.org/10.17478/jegys.613987

Gagne dan Briggs. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Hunaidah, M., Sukariasih, L., & Saputra, I. G. P. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :

Kencana Prenada Media Group.

Saputra, I. G. P. E. (2020). Penguasaan Konsep Fisika Siswa Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif pada Materi Gerak Lurus di SMK Negeri 2 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/17093

Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102

Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317

Slameto. 1991. Evaluasi Pendidikan. FKIP UKSW Salatiga : Bumi Aksara

---------- Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana. 1990. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Media

---------- 1990. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru

Sukariasih, L., Saputra, I. G. P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF KNOWLEDGE AND INQUIRY SKILL DOMAIN ON THIRD GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 14 KENDARI THROUGH THE GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ASSISTED BY SCIENCE KIT. Geosfera Indonesia, 4(2), 175. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097

Suryosubroto. 1997. Metode Penelitian. PT. Rajagrafindo Presada : Jakarta.

---------- 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta

The liang gie. 1987. Cara Belajar Yang Efesien. Yogyakarta : Liberti.

Theodore B. 1999. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabheta.

Wenno, I. H. 2011. Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Konteks. Yogyakarta : Grafika Indah.

---------- Pegangan Guru SMP PAIKEM Fisika Kelas VIII. Toko Buku Valentine.

Diterbitkan
2021-10-30
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 239 times