Efektifitas Penggunaan Metode Problem Solving dalam Mencapai Hasil Belajar Fisika SMP Negeri 3 Leihitu
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 3 Leihitu dengan menerapkan metode Problemm Solving. Problem Solving yang diterapkan dalam penelitian ini lebih menekankan kemampuan peserta didik dalam menghadapi masalah dan menentukan solusi penyelesaian masalah. Peserta didik dipacu untuk kreatif, aktif dan tanggap terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan mata pelajaran fisika khususnya materi Gaya.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriftif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII1yang berjumlah 30 orang siswa. Efektifitas dari pembelajaran pada penelitian ini dapat diketahui setelah di lakukan analisis terhadap hasil tes yakni pre test dan post test. Efektifitas pencapaian standar kompetensi siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t.Setelah melakukan analisis data diperoleh hasil bahwa pembelajaran dengan metode problem solvingsangat efektifitas karena melalui uji-t dimana nilai thitlebih besar 22,13 yang di peroleh melalui nilai ttabsebesar 2,042. Sedangkan pada aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor siswa dengan metode ini terlihat bahwa tingkat penguasaan meningkat secara signifikan dengan presentase ketuntasan sebesar 96,66%
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi. Mahasatya.
Fayanto, S., Amaluddin, L. O., Rahmat, R., Surdin, S., Ramadhan, M. I., Hidayat, D. N., Sejati, A. E., & Purwana, I. G. (2019). The Effectiveness of Outdoor Learning in Improving Spatial Intelligence. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(3), 667–680. https://doi.org/10.17478/jegys.613987
Gagne dan Briggs. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Hunaidah, M., Sukariasih, L., & Saputra, I. G. P. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA Peserta Didik Kelas VIIID SMP Kartika XX-6 Kendari. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3).
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :
Kencana Prenada Media Group.
Saputra, I. G. P. E. (2020). Penguasaan Konsep Fisika Siswa Menggunakan Pendekatan Konflik Kognitif pada Materi Gerak Lurus di SMK Negeri 2 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/17093
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Saputra, I. G. P. E., Harnipa, H., & Akhfar, M. (2021). Development of Science Learning Device Oriented Guided Inquiry with Virtual Laboratory to Train Science Process Skills of Junior High School Students in Kendari. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 7(1), 13–22. https://doi.org/10.21009/1.07102
Saputra, I. G. P. E., & Sukariasih, L. (2019). Penerapan Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas XI-IPA 3 SMA Negeri 1 Watubangga. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 7(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/14317
Slameto. 1991. Evaluasi Pendidikan. FKIP UKSW Salatiga : Bumi Aksara
---------- Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sudjana. 1990. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Media
---------- 1990. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung : Sinar Baru
Sukariasih, L., Saputra, I. G. P. E., Ikhsan, F. A., Sejati, A. E., & Nisa, K. (2019). IMPROVING THE LEARNING OUTCOMES OF KNOWLEDGE AND INQUIRY SKILL DOMAIN ON THIRD GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 14 KENDARI THROUGH THE GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ASSISTED BY SCIENCE KIT. Geosfera Indonesia, 4(2), 175. https://doi.org/10.19184/geosi.v4i2.10097
Suryosubroto. 1997. Metode Penelitian. PT. Rajagrafindo Presada : Jakarta.
---------- 2009. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta
The liang gie. 1987. Cara Belajar Yang Efesien. Yogyakarta : Liberti.
Theodore B. 1999. Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung : Alfabheta.
Wenno, I. H. 2011. Metodologi Pembelajaran Sains Berbasis Konteks. Yogyakarta : Grafika Indah.
---------- Pegangan Guru SMP PAIKEM Fisika Kelas VIII. Toko Buku Valentine.
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]