Perbandingan Pemahaman Konsep Fisika Melalui Strategi Pembelajaran JIGSAW Dan Learning Tournament
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep fisika perserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran jigsaw dan learning tournament. Desain penelitian yang digunakan adalah the matching only post-test group design. Populasi penelitian berjumlah 286 orang yang tersebar pada 9 kelas. Sampel penelitian berjumlah 64 orang yang diperoleh dengan teknik two step matching sampling dan tersebar merata pada dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diajar dengan strategi pembelajaran jigsaw dan kelas eksperimen 2 diajar dengan strategi learning tournament. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pemahaman konsep. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor pemahaman konsep peserta didik yang diajar dengan strategi jigsaw sebesar 11,97 dan strategi learning tournament sebesar 10,31. Analisis uji perbedaan menunjukkan bahwa nilai signifikansi hitung = 0,01 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan strategi pembelajaran Jigsaw dan peserta didik yang diajar dengan strategi learning tournament.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]