Analisis Efektifitas Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19 Pada Pelajaran Fisika
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan berfikir kreatif belajar peserta didik melalui pembelajaran daring dimasa Covid-19 pada pelajaran fisika di SMA Advent Manokwari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Survey dengan menggunakan angket. Teknik sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling dengan sampel 79 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket efektifitas sebanyak 15 pernyataan dan angket berfikir kreatif sebanyak 15 pernyataan dengan teknik analisis data yaitu menggunakan Rasch Model dengan bantuan aplikasi Winstep. Hasil analisis menunjukan bahwa untuk efektifitas pembelajaran nilai Alpha Crombach sebesar 0,82, sedangkan menggunakan peta Wright sebaran responden pada umumnya berkumpul diantara logit SD (+0,00) sampai logit SD (+2,00) dan diatas logit SD (-0,20) hal ini berarti bahwa banyak peserta didik yang tertarik mengikuti pembelajaran fisika secara daring dan menganggapnya sudah baik atau sudah efektif. Sedangkan untuk berfikir kreatif nilai Alpha Crombach sebesar 0,76, juga menggunakan peta Wright sebaran responden pada umumnya berkumpul diantara logi SD (+0,00) sampai logit SD (+3,00) dan diatas logit SD (-0,30) hal ini berarti sebagian besar memiliki kemampuan berfikir kreatif pada kategori kreatif. Hal ini menunjukan bahwa pelajaran fisika secara daring di SMA Advent Manokwari sudah dapat dikatakan baik dan tingkat berfikir kreatif peserta didiknya tinggi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]