Analisis Efektifitas Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19 Pada Pelajaran Fisika

  • Riska Riska Unipa
    (ID)
  • Sri Wahyu Widyaningsih Unipa
    (ID)
  • Sri Rosepda Sebayang Unipa
    (ID)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas dan berfikir kreatif belajar peserta didik melalui pembelajaran daring dimasa Covid-19 pada pelajaran fisika di SMA Advent Manokwari. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Survey dengan menggunakan angket. Teknik sampel yaitu menggunakan Purposive Sampling dengan sampel 79 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket efektifitas sebanyak 15 pernyataan dan angket berfikir kreatif sebanyak 15 pernyataan dengan teknik analisis data yaitu menggunakan Rasch Model dengan bantuan aplikasi Winstep. Hasil analisis menunjukan bahwa untuk efektifitas pembelajaran nilai Alpha Crombach sebesar 0,82, sedangkan menggunakan peta Wright sebaran responden pada umumnya berkumpul diantara logit SD (+0,00) sampai logit SD (+2,00) dan diatas logit SD (-0,20) hal ini berarti bahwa banyak peserta didik yang tertarik mengikuti pembelajaran fisika secara daring dan menganggapnya sudah baik atau sudah efektif. Sedangkan untuk berfikir kreatif nilai Alpha Crombach sebesar 0,76, juga menggunakan peta Wright sebaran responden pada umumnya berkumpul diantara logi SD (+0,00) sampai logit SD (+3,00) dan diatas logit SD (-0,30) hal ini berarti sebagian besar memiliki kemampuan berfikir kreatif pada kategori kreatif. Hal ini menunjukan bahwa pelajaran fisika secara daring di SMA Advent Manokwari sudah dapat dikatakan baik dan tingkat berfikir kreatif peserta didiknya tinggi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-04
Bagian
Artikel
Abstrak viewed = 118 times