ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL FISIKA PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS X IPA SMA YPK OIKOUMENE MANOKWARI
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas butir soal fisika dengan menggunakan Model Rasch yang ditinjau berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda dan efektivitas pengecoh soal pada Penilaian Akhir Semester Gasal kelas X IPA SMA YPK Oikoumene Manokwari tahun ajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yakni evaluasi hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, dengan sampel sebanyak 28 peserta didik dari kelas X IPA 1-X IPA 3. Penelitian ini difokuskan pada soal pilihan ganda yang terdiri dari 15 soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) berdasarkan tingkat validitasnya, 8 butir soal (60%) yang valid dan 7 butir soal (40%) yang tidak valid. 2) Berdasarkan reliabilitasnya, soal tersebut reliabel karena mempunyai nilai pada butir soal sebesar 0,01 berkriteria lemah, sedangkan untuk reliabilitas antara peserta didik dengan butir soal sebesar 0,94 yang berkriteria bagus sekali. 3) Berdasarkan tingkat kesukaran soalnya, masuk dalam kriteria kurang baik dengan jumlah 6 butir soal (40%) didominasi oleh soal yang mudah. 4) Berdasarkan daya pembeda soalnya, masuk dalam kriteria cukup dengan jumlah 12 soal (80%). 5) Berdasarkan efektivitas pengecoh soalnya, masuk dalam kriteria baik karena terdapat 8 butir soal (60%) dengan option pengecohnya berfungsi dengan baik. Kesimpulannya bahwa analisis kualitas butir soal menggunakan Model Rasch pada penilaian akhir semester gasal dapat dinyatakan valid, reliabel, tingkat kesukaran soal kurang baik, daya pembeda soal cukup dan efektivitas pengecoh soalnya baik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika for publication, copyright publishing of the article shall be assigned/transferred to Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar as Publisher of the journal. Upon acceptance of an article, authors will be asked to complete a 'Copyright Transfer Agreement'. An e-mail will be sent to the corresponding author confirming receipt of the manuscript together with a 'Copyright Transfer Agreement' form by the online version of this agreement.
Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika and Physics Education Department, UIN Alauddin Makassar, , and Physics Society of Indonesia as the Editors and the Advisory International Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Al-Khazini:Jurnal Pendidikan Fisika are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The copyright form should be signed electronically and send to the Editorial Office in the form of the original e-mail: [email protected]