PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PRAKTIKUM ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Ahmad Ali
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk mengembangkan perangkat asesmen berbasis keterampilan proses sains pada praktikum anatomi fisiologi manusia dan (ii) untuk mengetahui kualitas perangkat asesmen berbasis keterampilan proses sains pada praktikum anatomi fisiologi manusia yang memiliki kriteria valid, reliabel, obyektif, dan praktis.

          Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan metode riset pengembangan formatif research. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap yaitu (i) self evaluation yang terdiri atas analisis dan pendesainan, (ii) Prototyping yang terdiri atas expert review dan small group, (iii)  field test. Perangkat asemen yang dikembangkan meliputi penuntun praktikum, perangkat asesmen pra praktikum, asesemen proses praktikum, asesmen pasca praktikum, dan penilaian aspek afektif. Uji coba dilakukan pada mahasiswa semester enam jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar.

          Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat asesmen yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dengan rata-rata validitas isi 0,973, dan rata-rata validitas empiris 0,829,  rata-rata nilai  reliabilitas sebesar 0,805, obyektif dimana tidak ada perbedaan mean skor antara dua penilai, dan praktis dengan keterlaksanaan perangkat sebesar 3,6 yang berada pada kategori seluruhnya terlaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ahmad Ali
Mahasiwa Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Asdar, Ahsanul Khair. 2013. Pengembangan Asesmen Alaternatif pada Pembelajaran Dimensi Tiga Setting Kooperatif pada Siswa kelas XI SMK. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan nasional.

Mujiati. 2013. Pengembangan Instrumen Penilaian Kegiatan Praktikum Fisika SMP KelasVIII.(online),(http://http://fkipunja.ok.com/versi_2a/extensi/artikel_ilmiah/artikel/A1C308058_417.pdf.html, Diakses 27 November 2013).

Nur, S. M. 2013. Pengembangan Perangkat Penilaian Kinerja Peserta Dididk pada Materi Pokok Sistem Ekskresi. Tesis. Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Rahayu, Purwoko & Zulkardi. 2008. Pengembangan Instrumen Penilaian dalam Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di SMPN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 22.

Ruslan. 2009. Validitas Isi. Buletin Pa’biritta No. 10. Tahun VI, 18-19.

Rustaman. 2002. Perencanaan dan Penilaian Praktikum di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam program Aplied Aproach, Universitas Pendiwddikan Indonesia, 2002.

Published
2014-12-01
How to Cite
Ali, A. (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN PRAKTIKUM ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Biotek, 1(1), 21-30. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1686
Section
Articles
Abstract viewed = 1555 times

Most read articles by the same author(s)

> >>