PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DALAM BENTUK PILIHAN GANDA DAN ESSAY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI MODEL MAKASSAR

  • Syahriani Syahriani
    (ID)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan yang berbeda, berupa pemberian tugas dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar hasil belajar biologi siswa yang diberikan tugas dalam bentuk pilihan ganda untuk kelas VII MTs Negeri Model Makassar, (2) Seberapa besar hasil belajar biologi siswa yang diberi tugas dalam bentuk essay untuk kelas VII MTs Negeri Model Makassar, (3) Seberapa besar pengaruh bentuk tugas terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar pada semester genap tahun 2007/2008 dan dipilih secara cluster random sampling 2 kelas sebagai kelas sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar biologi siswa yang diberi tugas dalam bentuk pilihan ganda berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 66,73 dengan standar deviasi 9,63 dari skor ideal 100 (2) Hasil belajar biologi siswa yang diberi tugas dalam bentuk essay berada dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 72,80 dengan standar deviasi 12,88 dari skor ideal 100. Hasil analisis statistika inferensial diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi berdasarkan bentuk tugas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa terdapat pengaruh bentuk tugas terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VII MTs Negeri Model Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syahriani Syahriani

Dosen Non PNS Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

References

Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2005. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakhtiar, A. 2004. Filsafat Ilmu. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Depdikbud. 1993. Evaluasi dan Penilaian. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu Guru. Dirjen Dikdasmen.

Fuadi, A. 2008. Paradigma Baru dalam Pendidikan dan Pembelajaran Online. Terdapat pada www.sahabatnestle.co.id. Diakses pada tanggal 09 Februari 2010.

Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Haling, A. 2007. Belajar dan pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Kunandar. 2008. Gutu Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Published
2014-12-01
How to Cite
Syahriani, S. (2014). PENGARUH PEMBERIAN TUGAS DALAM BENTUK PILIHAN GANDA DAN ESSAY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII MTs NEGERI MODEL MAKASSAR. Jurnal Biotek, 1(1), 69-76. https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1692
Section
Articles
Abstract viewed = 410 times

Most read articles by the same author(s)

> >>