PROSES MORFOLOGI ATAU KONTRUKSI KATA DALAM BAHASA ARAB
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pembentukan kata atau proses morfologi dalam bahasa Arab melalui al-ziyādah. Penelitian ini bertujuan untuk menggali proses pembentukan kata dengan al-ziyādah dalam bahasa Arab. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian pustaka, metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan linguistik, data dikumpulkan dengan cara mengutip, menyadur dan menganalisis. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif kata bahasa Arab.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembentukan kata dalam bahasa Arab melalui al-ziyādah. Ada empat jenis al-ziyādah dalam bahasa Arab yaitu al-sawābiq, al-hasyw, al-lawāhiq, dan al-muzdawijah. Pembentukan kata melalui al-ziyādah dalam bahasa Arab mengalami penambahan huruf yang digunakan untuk membentuk kata tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah 1) Hasil pembentukan kata bahasa Arab Oleh karena itu, hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan dan memberi kemudahan dalam proses pembelajaran, baik sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran maupun sebagai bahasa pengantar, serta penerjemahan dari bahasa Arab ke bahasa lain. Oleh karena itu, seorang pengajar harus memiliki pengetahuan yang memadai dan menyiapkan bahan ajar yang memadai pula tentang kata dasar, baik kata dalam bahasa Arab maupun kata dalam bahasa lainnya sebelum mengajarkannya.References
Alkathib, Abdul Lathif bin Muhammad. Al-Khatib Ensiklopedia Komplit Menguasai Shorof Tashrif diterj. Oleh Muhammad Azhar, Cet.I; Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2016.
Arsyad, Azhar . Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya , Cet.III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
A.W. Munawwir, Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap, Surabaya; Pustaka Progresif, 1997.
Hamid, Abd. Karim. Kaidah-Kaidah Bahasa Arab dan Relevansinya dalam MemahamiAyat-ayat Al-Qur’an, Cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2011.
Hasān, Tammām. al-Lughah al-‘Arabiyyah Ma’nāhā wa Mabnāhā , Dār al-ṡiqāfah, 1994.
Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. IV; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.
Mustofa, Syaiful. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif , Cet. I; Malang: UIN Maliki Press, 2011.
Mu’minin, Imam Saiful. Kamus Ilmu Nahwu & Sharaf Ed. I; Cet.II; Jakarta: Amzah, 2009.
Rida, Ali. al-Marji’ fi al-Lughah al-‘Arabiyyah Nahwihā wa Ṣarfihā, Cet.I: Dār al-Faqīr.
Wekke, Ismail Suardi. Model Pembelajaran Bahasa Arab, Cet.I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Ya’qūb, Emil Badī’. Mu’jam al-Mufaṣṣal fī ‘Ilmi al-Ṣarf, Cet.I; Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1997.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).