BENTUK DEMOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA PONDOK PESANTREN DDI MANGKOSO KAMPUS 2 PUTRA TONRONGNGE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk-bentuk demotivasi pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di Pondok Pesantran DDI Mangkoso Kampus II Putra Tonrongnge. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan penelitian yang digunkan adalah: pedagogis, sosiologis, dan psikologis. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling, dan data penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari 10 jenis motivasi yang diajukan oleh Harmer (2011), hanya 5 jenis demotivasi yang dialami oleh santri dalam pembelajaran bahasa Arab di pondok pesantren DDI Mangkoso Kampus 2 Putra Tonrongnge, yakni demotivasi karena rasa takut, demotivasi karena koflik nilai, demotivasi karena kurangnya kebebasan, demotivasi karena kurangnya kepercayaan diri dan demotivasi karena kejenuhan.
References
Cambridge Dictionay” online dictionary.https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/demotivation
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Umum Bahasa Indonesia Cet. V; Jakarta: Balai Pustaka, 1976.
Djamarah, Saiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Cet II; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Dornyei, Zolltan dan Ema Ushioda, Teaching and Researching Motivation (2nd ed) Harlow, England: New York, Longman, 2011.
Dornyei, Zoltan dan Ema Ushioda, Teaching and Researching Motivation (England: New York, Longman, 2010.
Hamada, Yo dan Kazuya Kito, “Demotivation in Japanese high schools” in K. Bradford-Watts (Ed.) JALT: Conference Proceeding, 2008.
Harianto, Perencanaan Pengajaraan Cet. IV; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.
Harmer, Siobhan. “Ten Types of Demotivation and Howto Overcome Them”. Situs Resmi Lifehack.https://www.lifehack.org/articels/productivity/10-types-demotivation-and-how-overcome- them.html/
Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2011.
Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Nasution, Sahkholid, “Metode Konvensional dan Inkonvensional dalam Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2012 Vol. XII NO. 2.
Pribadi, Benny A., Model Desain Sistem Pembelajaran Cet. I; Jakarta: Dian Rakyat,2009.
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Cet. VI; Jakarta: Kencana, 2009.
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2008.
Sukmadinata, Nana Syaodih , Metode Penelitian Pendidikan Cet. III; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan Jakarta: Rajawali, 2000.
Uno, Hamzah B., Perencanaan Pembelajaran Cet. IV; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008.
Wena, Made, Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Cet. VIII; Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).