PERBANDINGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL MIN SEPABATU KABUPATEN POLEWALI MANDAR

  • Amita Sagena Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Muhammad Shabir U. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Usman Usman Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Munawir Anas Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Kreativitas peserta didik MIN Sepabatu Kabupaten
Polewali Mandar sebelum penerapan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran
konvensional 2) Kreativitas peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek
dan model pembelajaran konvensional 3) Perbedaan hasil kreativitas peserta didik melalui
penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dengan model pembelajaran konvensional pada
MIN Sepabatu Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif
jenis quasi experiment design dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MIN Sepabatu Kabupaten Polewali Mandar yang
berjumlah 36 peserta didik. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes
kreativitas dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai nilai hasil
kreativitas peserta didik untuk kelas eksperimen sebelum diajar model pembelajaran berbasis proyek
sebesar 1,46. nilai rata-rata setelah diajar model pembelajaran berbasis proyek sebesar 3,25.
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik inferensial, diperoleh hasil
perhitungan spss 23 sig.‹ α (0.000 ‹ 0.05) Artinya H0 ditolak dan H1 terima, dikatakan bahwa ratarata
nilai kreativitas peserta didik dengan menggunakan model konvensional tidak sama dengan
rata-rata nilai kreativitas dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Hasil
penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran berbasis
proyek terhadap kreativitas peserta didik.

References

Hurlock, B. E. (1978). Perkembangan Anak.

Jakarta: Erlangga.

Ibnu, T. (2011). Desain Pengembangan

Pembelajaran Tematik. Jakarta:

Prenadamedia.

Jahja, Y. (2011.). Psikologi Perkembangan. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Rahmawati, D. (2011). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap

Hasil Belajar Fisika Peserta didik, Skripsi

Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan

Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran :

Berorientasi Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik

Pendidikan. Cet. Ke-26. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian:

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet

Ke-XXVII. Bandung: Alfabeta.

Syam, A. N. (2016). Pengaruh Model

Pembelajaran Berbasis Proyek (Project

Based Learning) terhadap Hasil Belajar

Biologi Peserta didik Di Kelas VIII

MTS Madani Alauddin Pao-Pao,

Skripsi. Makassar: Fak. Tarbiyah dan

Keguruan UIN Alauddin Makassar.

Wena, M. (2014). Strategi Pembelajaran

Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT.

Bumi Aksara.

Published
2021-02-01
Section
Artikel
Abstract viewed = 82 times