Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Obat dengan Resep di PUSKESMAS TURIKALE Kabupaten Maros

  • Fajrul Fhalaq Baso STIKES Salewangang Maros
    (ID)

Abstract

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan pada tahun 2016, Puskemas adalah unit pelaksana teknis dinas kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja. Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kesannya terhadap hasil dan harapan-harapannya. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) obat dengan Resep serta mengetahui berapa persen tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Obat dengan Resep di Puskesmas Turikale Kabupaten Maros. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunkan kuisioner. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap 110 responden maka diperoleh kesimpulan bahwa pasien merasa Puas dengan persentase 66,10% terhadap pelayanan KIE obat dengan resep oleh tenaga kefarmasian di Puskesmas Turikale.

References

Abdullah Sani, Ridwan. 2016. Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Andriani, Lusy. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Alak Kota Kupang. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang.

Asnawi, Achmad. 2009. Gambaran Persepsi Pasien Terrhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sukmajaya Kota Depok Tahun 2009. Skripsi. Depok : Universitas Indonesia.

Mardiyana, Hindun. 2018. Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi RSU Kaliwates. Tesis. Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas ember.

Rahmayanti, dan Ariguntur, Tri. 2017. Karakteristik Responden Dalam Penggunaan Jaminan Kesehatan Pada Era BPJS di Puskesmas Cisoka Kabupaten Tangerang Januari- Agustus 2015. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit. Vol 6, No.1: 61-65.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2010. Stastistika Untuk Penlitian. Bandung : Alfabeta.

Talinati. 2017. Survey Kepuasan Pasien Terhadap pelayanan kefarmasian di puskesmas oesao periode Juni-Juli 2016. Karya Tulis Ilmiah. Program Studi Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang.

WHO. 2015. World Health Statistics 2015: World Health Organization.

Published
2022-01-12
Abstract viewed = 1073 times