ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TADRIS IPA TENTANG KONSEP PERKEMBANGAN JANIN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN SAINS

  • Elsa Novella Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)
  • Rian Vebrianto Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)
  • Zarkasih Zarkasih Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tadris IPA mengenai konsep perkembangan janin dalam perspektif Islam dan sains. Jenis penelitian menggunakan design survey. Penelitian dilakukan di prodi tadris IPA dengan mengambil sampel secara acak sehingga didapat 30 orang mahasiswa yang telah mempelajari konsep IPA dalam perspektif Islam dan sains. Instrumen pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang sudah divalidasi terdiri dari 15 pernyataan. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa tadris IPA tentang konsep perkembangan janin dalam perspektif Islam dan sains termasuk kategori tinggi.

Abstract:

This study aims to determine the understanding of Tadris IPA students about the concept of fetal development in Islamic and scientific perspectives. This type of research uses survey design. The study was conducted at the Natural Sciences Tadris Study Program by taking a random sample so that 30 students were obtained who had studied the science concept in Islamic and scientific perspectives. The research data collection instrument used a validated questionnaire consisting of 15 statements. The results of the analysis showed that Tadris IPA's students' understanding of the concept of fetal development in Islamic and scientific perspectives was high.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu al-Farj, A. al-R. I. A. I. R. al-H. (2003). Jami’ al-‘Ulum wa Al-Hukm (Jilid II). Beirut: Dar Al-Ma’rifah.

Abu al-Husain Muslim, bin al-H. bin M. al-Q. al-N. (2003). Sahih Muslim (Juz 1). Beirut: Dar Al-Afaq Al-Jadidah.

Al-Qurtubi, A. A. S. al-din. (2003). al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an (X). Riyadh: Dar ‘Alim al-Kutub.

Al-Razi, F. A.-D. (2000). Mafatih Al-Gaib (XI). Beirut: Dar Al-Kutub Al-’Ilmiyah.

Arikunto. (2004). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hanifah, W. (2005). Ilmu Kebidanan (Ke-3). Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Hathout, H., & Samer. (2002). Jihad Versus Terrorism Pasadena. California: Multimedia Vera International.

Ichromi, R. N. (2016). Konsep Pendidikan Pranatal dalam Pandangan dr. Mansur dan Ubes Nur Islam. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Latjnah, P. M. A.-Q. (2010). Tafsir Ilmu (Penciptaan Manusia dalam Perspektif Islam dan Sains). Kementrian Agama RI.

Ma’ruf, M. (2017). Konsep Pendidikan Pranatal Perspektif Islam. Al- Makrifat, 2(2), 124–137.

Surana, D. (2001). Telaah Edukatif terhadap Fase-fase Perkembangan Manusia Perspektif Islam. Jurnal Ta’dib, 1(1), 47–59.

Suryani, P. (2016). Pengaruh Pelatihan Ultrasonografi terhadap Tingkat Pengetahuan Residen Obstetri dan Ginekologi Mengenai Keamanaan Penggunaan Ultrasonografi Obstetri. Universitas Gadjah Mada.

Suwito. (2012). Penciptaan dan Pembentukan Janin Menurut Al- Qur’an, Al-Hadis, dan Ilmu Kedokteran. Jurnal Hukum Islam Keluarga, 2(2).

Syauman, A. (2004). Ijhad Al- Haml Wama Yatarattabu’alaih min Ahkam fi Al-Syari’ah Al-Islamiyyah. Jakarta: Cendekia Sentra Muslim.

Yuliati, D. (2000). Manajemen Komplikasi Kehamilan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Published
2019-12-27
How to Cite
Novella, E., Vebrianto, R., & Zarkasih, Z. (2019). ANALISIS PEMAHAMAN MAHASISWA TADRIS IPA TENTANG KONSEP PERKEMBANGAN JANIN DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN SAINS. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 292-301. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i11
Section
Vol. 22 No. 2
Abstract viewed = 974 times