HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI ( NURDIN IBRAHIM ) 1 HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara belajar mandiri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Terbuka, yang berinduk di SMP Negeri 55 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei pendekatan statistik dengan uji korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)? (3) apakah terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X1 dan Y = 0.685). 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X2 dan Y = 0,631), dan 3) Terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X1 dan X2 dengan Y = 0,734).Downloads
References
Beck, Robert C,. Motivation: Theories and Principles, New Jersey: Prentice Hall, Inc. 1990.
Bloom, Benjamin S., dkk. Taxonomy of Education Objectives The Classification of Educational Goals Handbook I: Cognitive Domain, New York: Longman Inc. 1956.
Crowl, Thomas K., Sally Kaminsky, & David M. Podell, Educational Psychology Windows on Teaching, London: Brown & Benchmark Publishing, 1997.
Dabbagh, Nada and Brenda Bannan Retland. Online Learning, Consep, Strategies, and Application. Colombus Ohio: Pearson Merrill Prentice.
Darajat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.
Davies, Ivor K. Instructional Technique. New York: McGrow Hill Book Company, 1981.
Degeng, I. Nyoman S. Ilmu Pengajaran; Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti, 1989.
Gagne, Robert M., and Leslie J. Briggs, Principle of Instructional Design, New York: Holt Rinchart and Winstone, 1989.
--------------------. The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1989.
Good, Thomas L. and Jere E. Brophy, Educational Psychology A Realistic Approach, New York: Longman, 1990.
Gredler, Margaret E. Bell, Learning and Instruction, Alih Bahasa Tri Wibowo BS dan disunting oleh Yusufhadi Miarso, Jakarta: Prenada Group, 2011.
Ibrahim, Nurdin. 25 tahun SMP Terbuka (dalam Mozaik Teknologi
Pendidikan), ed. Dewi SP dan Evelin Siregar, Jakarta, UNJ, 2004.
-------------------. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh; Kajian Teoritis dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Keegan, Desmond. The Foundation of Distance Education, Dover Biddles Ltd Buildford and King’s Lyon, 1996.
Logsdon, Anna. Achievement Testing in Learning Disability Diagnosis, 2010
(http://learningdisabilities.about.com/od/glossar1/p/achievementtest.htm).
McClelland, David C., dkk. The Achievement Motive, New York: Irvington Publishers, 1976.
Moore, Michael G., & Kearsley, Greg. Distance Education A Systems View, Belmont: Wadsworth Publishing Company, 1996.
Nurkancana, Definisi Prestasi Belajar, h. 1, 2010
(http://matematikamobile.uni.cc/prestasi-belajar-matematika).
Phye, Gary D. A Handbook of Classroom Assessment: Learning, Achievement, and Adjustment, Ames, IA: Academic Press, 1997.
Qardhawi, Yusuf, dalam Subhan, http://wonk-educationnetwork.blogspot.com/2007/03/pendidikan-agama-islam.html
(http://wonk-educationnetwork.blogspot.com-/2007/03/pendidikan-agama-islam.html).
Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Steers, Richard M. and Lyman W. Porter, Motivation and Work Behavior, New York: Mc-Grew Hill Inc., 1991.
Suriasumantri, Jujun S. Berpikir Sistem; Konsep, Penerapan, Teknologi dan Strategi Implementasi, Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta; tanpa tahun.
Tafsir, Ahmad. Pendidikan Agama Islam di Sekolah, 2010, (http://idb1.wikispaces.com/file/view/jj1001.pdf)
Travers, Robert M. W., Essential of Learning; The New Cognitive Learniong for Students of Education, USA: Macmillan Publishing Co. Inc., 1982.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).