HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI ( NURDIN IBRAHIM ) 1 HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA

  • Nurdin Ibrahim FIP UNJ
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan antara belajar mandiri dan motivasi berprestasi dengan hasil belajar pendidikan agama Islam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Terbuka, yang berinduk di SMP Negeri 55 Tanjung Priok, Jakarta Utara. Penelitian ini menggunakan metode survei pendekatan statistik dengan uji korelasi. Masalah yang menjadi fokus penelitian adalah (1) apakah terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)? (2) apakah terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)? (3) apakah terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (Y)?. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X1 dan Y = 0.685). 2) Terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi (X2) dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X2 dan Y = 0,631), dan 3) Terdapat hubungan positif antara belajar mandiri (X1) dan motivasi berprestasi (X2) secara bersama-sama dengan hasil belajar pendidikan agama Islam (X1 dan X2 dengan Y = 0,734).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurdin Ibrahim, FIP UNJ
FIP UNJ

References

Beck, Robert C,. Motivation: Theories and Principles, New Jersey: Prentice Hall, Inc. 1990.

Bloom, Benjamin S., dkk. Taxonomy of Education Objectives The Classification of Educational Goals Handbook I: Cognitive Domain, New York: Longman Inc. 1956.

Crowl, Thomas K., Sally Kaminsky, & David M. Podell, Educational Psychology Windows on Teaching, London: Brown & Benchmark Publishing, 1997.

Dabbagh, Nada and Brenda Bannan Retland. Online Learning, Consep, Strategies, and Application. Colombus Ohio: Pearson Merrill Prentice.

Darajat, Zakiah. Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 1994.

Davies, Ivor K. Instructional Technique. New York: McGrow Hill Book Company, 1981.

Degeng, I. Nyoman S. Ilmu Pengajaran; Taksonomi Variabel. Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti, 1989.

Gagne, Robert M., and Leslie J. Briggs, Principle of Instructional Design, New York: Holt Rinchart and Winstone, 1989.

--------------------. The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston, 1989.

Good, Thomas L. and Jere E. Brophy, Educational Psychology A Realistic Approach, New York: Longman, 1990.

Gredler, Margaret E. Bell, Learning and Instruction, Alih Bahasa Tri Wibowo BS dan disunting oleh Yusufhadi Miarso, Jakarta: Prenada Group, 2011.

Ibrahim, Nurdin. 25 tahun SMP Terbuka (dalam Mozaik Teknologi

Pendidikan), ed. Dewi SP dan Evelin Siregar, Jakarta, UNJ, 2004.

-------------------. Perspektif Pendidikan Terbuka Jarak Jauh; Kajian Teoritis dan Aplikasi, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Keegan, Desmond. The Foundation of Distance Education, Dover Biddles Ltd Buildford and King’s Lyon, 1996.

Logsdon, Anna. Achievement Testing in Learning Disability Diagnosis, 2010

(http://learningdisabilities.about.com/od/glossar1/p/achievementtest.htm).

McClelland, David C., dkk. The Achievement Motive, New York: Irvington Publishers, 1976.

Moore, Michael G., & Kearsley, Greg. Distance Education A Systems View, Belmont: Wadsworth Publishing Company, 1996.

Nurkancana, Definisi Prestasi Belajar, h. 1, 2010

(http://matematikamobile.uni.cc/prestasi-belajar-matematika).

Phye, Gary D. A Handbook of Classroom Assessment: Learning, Achievement, and Adjustment, Ames, IA: Academic Press, 1997.

Qardhawi, Yusuf, dalam Subhan, http://wonk-educationnetwork.blogspot.com/2007/03/pendidikan-agama-islam.html

(http://wonk-educationnetwork.blogspot.com-/2007/03/pendidikan-agama-islam.html).

Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Steers, Richard M. and Lyman W. Porter, Motivation and Work Behavior, New York: Mc-Grew Hill Inc., 1991.

Suriasumantri, Jujun S. Berpikir Sistem; Konsep, Penerapan, Teknologi dan Strategi Implementasi, Jakarta: Fakultas Pasca Sarjana IKIP Jakarta; tanpa tahun.

Tafsir, Ahmad. Pendidikan Agama Islam di Sekolah, 2010, (http://idb1.wikispaces.com/file/view/jj1001.pdf)

Travers, Robert M. W., Essential of Learning; The New Cognitive Learniong for Students of Education, USA: Macmillan Publishing Co. Inc., 1982.

Published
2012-06-02
How to Cite
Ibrahim, N. (2012). HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI ( NURDIN IBRAHIM ) 1 HUBUNGAN ANTARA BELAJAR MANDIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TERBUKA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 1-17. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a1
Section
Vol. 15 No. 1
Abstract viewed = 632 times