PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Some people argue that the teaching of Indonesian has not been satisfactory in terms of quality and its relevance to students need. In fact, the ability of students to express their idea logically is still considered poor. This is one of issues which needs solution. With regard to this issue, a number of factors should be put under conside-rations including the principle of curriculum, syllabi, approach and method, teaching process, and the principle of teaching Indonesian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar, “Strategi Penggunaan Media Modern dalam Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa”, Makalah, t.th.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional) 2003 (UU RI No. 20 Th. 2003), cetakan I, Jakarta: Sinar Grafika, 2003.

Depdiknas, Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Jakarta: Depdiknas, 2004.

Ibrahim, Pembelajaran Struktur Bahasa Indonesia Secara Komunikatif, Makassar: Universitas Negeri Makassar, 2001.

Kaseng, Syahruddin, Linguistik Terapan: Pengantar Menuju Pengajaran Bahasa yang Sukses, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, 1989.

Subana, M. dan Sunarti, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran, Bandung, t.th.

Sudjatmiko dan Lili Nurlaili, Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

Suyono dan Mansur Muslich, Panduan Pengajaran Bahasa Indonesia, Malang: t.th.

Tollah, Ahmad, Kajian Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa Indonesia, Malang: PPs IKIP Malang, 1996.

Widodo Hs., Pembelajaran Bahasa Indonesia: Pemberdayaan Potensi Diri Pembelajar Melalui Strategi Inovatif, Malang: Universitas Negeri Malang, t.th.

Winarno dan R. Eko Djuniarto, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Direktur Pen-didikan Dasar dan Menengah, 2003.

Published
2017-11-26
How to Cite
Ibrahim, I. (2017). PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 234-246. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a8
Section
Vol.11 No.2
Abstract viewed = 7509 times