PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI

  • St. Syamsudduha St. Syamsudduha FTK UINAM
    (ID)
  • Muh. Rapi FTK UINAM
    (ID)

Abstract

Abstract: The use of the learning environment in the schools is intended to attract students  attention in instructional materials that is related to the environment. Learning by using environmental approach means that the students acquire knowledge and understanding by observing something in the environment, both in the home and school environment. Learning outcome is a measurement of how far the learning objectives have been achieved, especially in Biology lessons using the school learning environment. The results of research on the use of the environment as a learning resource concluded that it can increase students’ learning outcomes in Biology Class at the seventh grade of Islamic junior high school.

Abstrak: Penggunaan lingkungan sekolah dalam pembelajaran dimaksudkan menarik perhatian peserta didik materi yang berhubungan dengan lingkungan. Belajar dengan pendekatan lingkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada di lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah. Hasil belajar adalah ukuran yang menyatakan seberapa jauh tujuan pembelajaran yang telah dicapai khususnya pada pelajaran Biologi dengan menggunakan lingkungan sekolah dalam pembelajaran. Hasil penelitian tentang penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar disimpulkan dapat peningkatan hasil belajar Biologi siswa Kelas VII MTs.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

St. Syamsudduha St. Syamsudduha, FTK UINAM
Doktor dalam Bidang Administrasi Pendidikan
Muh. Rapi, FTK UINAM
Kandidat Doktor dalam bidang Pendidikan Lingkungan Hidup

References

Ari, Sandhi S, Pemanfaatan Laboratorium Lingkungan sebagai Media Pembelajaran IPA yang Bernilai Edukatif dan Ekonomis. http://iyoyee. Word-press.com/2007/11/08/artikel-nonpenelitian-1. Di akses tanggal 27 Januari 2011.

Arikunto, Suharsimi, dkk., Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

Azizy, Qodri A., Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Departemen RI Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam, 2002.

Jeperis, wordpress.com//lingkungan-sebagai-sumber-belajar/ - Tembolok - Mirip Diakses tanggal 27 Januari 2011.

Mudyaharja Redja, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Rahmat, Model Penelitian Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.

Sardiman, Media Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya, 2004.

Suryabrata, Sumardi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT, Remaja Grafindo Persada, 2002.

Sweetyhome.wordpress.com/.../pemanfaatan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar/Tembolok-Mirip. Di akses tanggal 27 Januari 2011.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan

Published
2012-06-30
How to Cite
St. Syamsudduha, S. S., & Rapi, M. (2012). PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 18-31. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a2
Section
Vol. 15 No. 1
Abstract viewed = 3642 times