MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN MADRASAH

  • Muh. Akib D. MAN 1 Soreang Kota Parepare
    (ID)

Abstract

Abstract: Management activities covering a broad spectrum, starting from determining organization direction, creating organization activities, encouraging cooperation establishment, as well as supervizing the activities. Management has strategic roles, especially to help the organization meet the goals in utilizing equipment, land, office, product, service, and human relations. Educational leadership at the school level is based on the democratization concept, tasks specialization, authority delegation, professionalism, and tasks integration. Leadership that takes place in educational institutions means running leadership processes that are affecting personnel resources of education. Management and implementation of leadership in Islamic schools (madrassa) are expected to synchronize the various inputs or synergize all components in the learning process among teachers, students and support facilities both inside and outside the classrooms.

Abstrak: Aktivitas manajemen mencakup spektrum luas, dimulai dari menentukan arah organisasi, menciptakan kegiatan organisasi, mendorong terbinanya kerjasama, serta mengawasi kegiatan. Manajemen memiliki peranan strategis, terutama untuk membantu pencapaian tujuan dalam mendayagunakan peralatan, lahan, kantor, produk, pelayanan, dan hubungan manusia dalam organisasi. Kepemimpinan pendidikan di madrasah dilandasi konsep demokratisasi, spesialisasi tugas, pendelegasian wewenang, profesionalitas, dan integrasi tugas. Kepemimpinan yang berlangsung pada lembaga pendidikan berarti menjalankan proses kepemimpinan yang sifatnya mempengaruhi sumber daya personel pendidikan. Manajemen madrasah dan pelaksanaan kepemimpinan di madrasah diharapkan mampu mensinkronkan berbagai input atau mensinergikan semua komponen dalam proses pembelajaran, baik antara guru, siswa dan sarana pendukung di kelas dan di luar kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Anwar, Mutu Pendidikan Indonesia Masih Terpuruk, “www.gatra.com”, akses 10 Oktober 2011.

Arifin, Muzayyin, Kapita Selekta Pendidikan Islam, cet. I; Jakarta:Bumi Aksara, 2003.

Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah, cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Dauda, A. Kube, "Pembinaan Organisasi, Administrasi, dan Manajemen Madrasah/Pesantren" Makalah Musyawarah Kerja PB. As'adiyah, Sengkang: Gedung Yusbar, 2002.

Dirawat, et al., Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2000.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, cet. III; Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2000.

Kementerian Agama RI., Statistik Madrasah, www.kemenag.go.id., akses 10 Oktober 2011.

Kreitener, Robert, Management, Boston: Houghton Miffilin Company, 2001.

Maksum, Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, cet. II; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Mappanganro, Eksistensi Madrasah dalam Sistem Pendidikan Nasional, cet. I; Ujung Pandang: Berkah Utami, 1996.

Mochtarom, Zaimi, Dasar-dasar Manajemen Dakwah, Yogyakarta: al-Amin Press, 2000.

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, cet. I: Jakarta: Kencana, 2003.

Rozikun, Ahmad, et al., Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di Tingkat Menengah, cet. II; Jakarta: Liska Fariska Putra, 2008.

Siagian, Manajemen Strategik, Jakarta: Gunung Agung, 1999.

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, cet. I; Jakarta: Paramadina, 2003.

Soetopo, Hendiyat. et al., Administrasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 2000.

Suprayogo, Imam, Memimpin Madrasah Agar Lebih Dinamis, rektor.uinmalang.ac.id, akses 10 Oktober 2011.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, cet. I; Jakarta: Ciputat Press, 2005.

Wahid, Abdurrahman, Menggerakkan Tradisi Esai-Esai Pesantren, cet. I; Yogyakarta: LkiS, 2001.

Winardi, Asas-asas Manajemen, cet. I; Bandung: Mandar Maju, 2002.

Published
2012-06-30
How to Cite
Akib D., M. (2012). MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN MADRASAH. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 92-107. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a8
Section
Vol. 15 No. 1
Abstract viewed = 2074 times