PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM ANTI-RADIKALISME DALAM MERAJUT HARMONI: Suatu Tinjauan di Kota Sungai Penuh Jambi

  • Masnur Alam IAIN Kerinci
    (ID)
  • Wisnarni Wisnarni IAIN Kerinci
    (ID)
  • Yoki Irawan IAIN Kerinci
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan Islam anti radikalisme dalam merajut harmoni di Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan telaah dokumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kota Sungai Penuh telah menerapkan pendidikan Islam anti-radikalismeme melalui jalur formal yaitu melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), lembaga pendidikan (sekolah dan pondok pesantren) dan nonformal seperti khutbah Jum’at, ceramah agama, dakwah, dan Radio Republik Indonesia. Di samping itu juga melalui organisasi sosial dan keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Forum kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK). Dengan penerapan tersebut akan dapat merajut harmoni, yaitu keselarasan, keserasian, kesesuaian, kecocokan, dan kerukunan dalam masyarakat serta bebas dari konflik horizontal. Sehingga keharmonisan pemerintah bersama masyarakat menjadi kekuatan serta aset dalam membangun negeri serta mengukir prestasi.

Abstract:

This study is aimed to describe the implementation of anti-radicalism Islamic Education in building harmony at Sungai Penuh City. The type of the study is descriptive qualitative. the data are obtained through in-depth interview, observation, and document analysis. The result of this study revealed that the city government of Sungai Penuh has been implementing the anti-radicalism of Islamic education both formally and informally. Formally, such as government working units and Educational institutions (school, Islamic Boarding School). Informally, such as Islamic forums, speeches, and announcements through National Radio. In addition, it was promoted through non-government and religious organization. Such as MUI, FKDM, FKUB, and FPK.Through the implementation of anti-radicalism education, it was proven that they can build the harmony in society and free of horizontal conflicts. Thus, the harmony between the local government and their citizen become an asset to develop their city and governmental achievements.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. A. (2000). Dinamika Islam Kultural Pemetaan atas Wacana Keislaman Kontemporer. Bandung: Mizan.

Ahmadi, K. A. (1995). Perang dan Damai dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Alhairi. (2017). Pendidikan Anti Radikalisme: Ikhtiar Memangkas Gerakan Radikal. Jurnal Tarbawi, 14(2), 109–122. Retrieved from https://ejournal.unisnu.ac.id/JPIT/article/download/617/911

Azra, A. (2003). Pengantar dalam Dede Rosyada, Pendidikan Kewargaan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia & Masyarakat Madani. Jakarta: ICCE UIN Syarif Hidayatullah.

Badawi, Z. (1986). Mu’jam Musthalahat Al-Ulum Al-Ijtima’yat. Beirut: Maktubah Lubnan.

Hendropuspito, O. C. D. (1998). Sosiologi Agama. Yogyakarta: Kanisius.

Kahmad, D. (2000). Sosiologi Agama. Bandung: Rosda.

Khisbiyah, Y. (2007). Menepis Prasangka, Memupuk Toleransi untuk Multikultural: Dukungan dan Psikologi Sosial. Surabaya: PSB-PS UMS.

Kriesberg, L. (1998). International Conflict Resolution: from Escalation to Resolution. Maryland: Rowman & Littlefield.

Mahmudati, Z. (2014). “PeTe” Pendidikan Anti Terorisme Sejak Dini Solusi Menanamkan Wawasan Kebangsaan bagi Generasi Bangsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 4(1), 65–78. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jim/article/view/10887

Mantu, R. (2015). Bina-Damai dalam Komunitas Pesantren: Sebuah Upaya Counter-Radikalisme. Walisongo, 23(1), 131–150. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/walisongo/article/view/227/208

Masduqi, I. (2012). Deradikalisasi Pendidikan Islam Berbasis Khazanah Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 3–14. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1125

Mulyoto, G. P. (2017). Radikalisme Agama di Indonesia (Ditinjau dari Sudut Pandang Sosiologi Kewarganegaraan). Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 64–74. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/citizenship/article/download/1212/1053

Noorhayati, S. M. (2017). Pendidikan Multikultural di Pesantren (Upaya Membendung Radikalisme di Indonesia). Madania, 21(1), 67–78. Retrieved from http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/madania/article/download/212/pdf_1

Qardhawi, Y. (2004). Islam Radikal: Analisis terhadap Radikalisme dalam Berislam dan Upaya Pemecahannya. Solo: Intermedia.

Ruslan, I. (2015). Islam dan Radikalisme: Upaya Antisipasi dan Penanggulangannya. Kalam: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 9(2), 215–232. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/KALAM/article/view/329/185

Setiawan, M. N. (2012). Pribumisasi Al-Qur’an: Tafsir Berwawasan Keindonesiaan. Yogyakarta: Kankaba.

Shadily, H. (1984). Sosiologi untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto, E. (2006). Pendidikan Agama Berbasis Multikultural (Upaya Strategis Menghindari Radikalisme). Karsa, 9(1), 77–85. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Edi_Susanto7/publication/268409821_PENDIDIKAN_AGAMA_BERBASIS_MULTIKULTURAL_Upaya_Strategis_Menghindari_Radikalisme/links/5593e83308ae5af2b0ecd053.pdf

Syafaq, H. (2014). Radikalisme sebagai Blocking Factor bagi Perkembangan Peradaban Islam Modern. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 4(2), 451–476. Retrieved from http://teosofi.uinsby.ac.id/index.php/teosofi/article/view/18

Thoyyib, M. (2018). Radikalisme Islam Indonesia. Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 90–105. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/264716-radikalisme-islam-indonesia-655c46eb.pdf

Widjaja, H. A. W. (2002). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Pancasila pada Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wiyani, N. A. (2013). Pendidikan Agama Islam Berbasis Anti Terorisme di SMA. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 65–83. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1128

Published
2019-03-16
How to Cite
Alam, M., Wisnarni, W., & Irawan, Y. (2019). PENERAPAN PENDIDIKAN ISLAM ANTI-RADIKALISME DALAM MERAJUT HARMONI: Suatu Tinjauan di Kota Sungai Penuh Jambi. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 257-270. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i11
Section
Vol. 21 No. 2
Abstract viewed = 1847 times