NEEDS ANALYSIS OF LECTURER AND EMPLOYEE TRAINING PROGRAM AT TARBIYAH AND TEACHER TRAINING FACULTY OF UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Ridwan Idris Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lisa Nursita SINTA ID 6728819, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Training Needs, Training Program, Lecturer, Employee

Abstract

This research aims to investigate lecturers’ and employee’ competencies of Tarbiyah and Teacher Training Faculty at UIN Alauddin Makassar and assess the training program needs for 2023–2024. The research method used was quantitative descriptive with survey techniques. The population was the lecturers and employees of Tarbiyah and Teacher Training Faculty of UIN Alauddin Makassar, consisting of 113 lecturers and 35 employees. The instruments used were Likert scale questionnaires and documentation from the Quality Assurance Commission of Tarbiyah dan Teacher Training Faculty. The results of the study indicated that various training programs were attended by lecturers and employees held by UIN Alauddin Makassar and other agencies. The training needs for lecturers are adjusted to the competencies that must be possessed, namely pedagogical, professional, and social, as well as the implementation of the tri dharma of higher education. Employee training should focus on increasing knowledge and skills according to job descriptions.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi dosen dan pegawai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar serta mengkaji kebutuhan program pelatihan tahun 2023–2024. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Populasi penelitian ini adalah dosen dan pegawai Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yang terdiri dari 113 dosen dan 35 pegawai. Instrumen yang digunakan adalah angket skala Likert dan dokumentasi dari Komite Penjaminan Mutu (KPM) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Hasil penelitian menemukan bahwa berbagai program pelatihan diikuti oleh dosen dan pegawai yang diadakan oleh UIN Alauddin Makassar dan instansi lainnya. Kebutuhan pelatihan bagi dosen disesuaikan dengan kompetensi yang harus dimiliki yaitu pedagogik, profesional, dan sosial, serta pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Pelatihan karyawan harus fokus pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adman. (2005). Analisa Kebutuhan Pelatihan Pegawai pada Prodi Manajemen Perkantoran UPI. Jurnal Managerial Universitas Pendidikan Indonesia, 4(7), 1–27. https://doi.org/10.17509/manajerial.v4i2.16524.

Andayani, A., & Rustianingsih, D. (2020). Analisis Kebutuhan Pelatihan Pegawai Tata Usaha Bagian Administrasi Smk Negeri 1 Cibinong. Economicus, 14(1), 56–65. https://doi.org/10.47860/economicus.v14i1.184.

Brown, J. (2000). Training Needs Assessment: A Must for Developing An Effective Training Program Public Personnel Management. Winter, 31(4), 569–574. https://doi.org/10.1177/009102600203100412.

Cekada, T. L. (2010). Training Needs Assessment: Understanding What Employees Need to Know. Professional Safety Journal of the American Society of Safety Professional, 55(03), 28–33. https://www.semanticscholar.org/paper/Training-Needs-Assessment%3A-Understanding-What-Need-Cekada/240bfa5394a0bb26bbdd49005aca9d1ee3cdd824.

Dato (2005). Manajemen sumber daya Manusia Untuk Perusahaan Jakarta. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dessler, G. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Dharma, S. (2013). Manajemen Kinerja: Falsafah Teori dan Penerapannya. Jakarta: Pustaka Belajar.

Fauzi, A., & Kartika, I. (2011). Mengelola Pelatihan Partisipatif. Bandung: Alfabeta.

Harbison, F., & Myers, C. A. (1965). Manpower and Education. New York: McGrow-Hill Book Company.

Haryono, S. (2018). Manajemen Kinerja SDM Teori dan Aplikasi (D. Puryanto (ed.)). Jakarta: Luxima.

Hasibuan, M. S. . (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia (Cetakan Ke). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Jadidah, M. (2021). Manajemen Pelatihan Dalam Rangka Pengembangan Karir Dosen Di Lembaga Peningkatan Pengembangan Pembelajaran Univeristas Pancasila. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional …, Pembelajaran Adaptif dan Pemanfaatan IPTEKS untuk Mendukung Pelaksanaan MBKM, 445–449. https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1586.

Jordan, R. (2019). Jokowi Prioritaskan Pembangunan SDM di Periode Kedua. DetikNews.

Kanada, R. (2016). Analisis Kebutuhan Pelatihan in-House Training. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 158–172. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/674/606.

Massie, R., Tewal, B., & Sendow, G. (2015). Pengaruh Perencanaan Karir, Pelatihan dan Pengembangan Karir terhadap Kinerja Pegawai pada Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/10275.

Nusa, P., & Hendarmawan. (2012). Metodologi Penelitian Kebijakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P., & Judge, T. (2013). Organizational Behavior (16th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, N., Prasetyo, M. A. M., & Zulkhairi, Z. (2019). Strategi Peningkatan Layanan Akademik Berbasis Kinerja Karyawan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Lhokseumawe. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(2), 84–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i2.566.

Seprini, & Ningrum, I. S. (2014). Strategi Meningkatkan Kompetensi Dosen Universitas Pasir Pengaraian Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(2), 117–138. https://www.neliti.com/id/publications/58271/strategi-meningkatkan-kompetensi-dosen-universitas-pasir-pengaraian-melalui-pend.

Smith, A. (2000). Training and Developing In Australia (Second Edi). Australia: Reed International Books Australia Pty Buuterworths.

Sujarwo, & Kusumawardani, E. (2020). Analisis Kebutuhan Masyarakat. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Sumendap, J., Mandey, J., & Mambo, R. (2021). Pentingnya Kompetensi Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Biro Umum Dan Keuangan Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Administrasi Publik UNSRAT, 4(32), 1406. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/JAP/article/view/9900.

Wicaksono, Y. S. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Semangat Kerja dan Kinerja Karyawan, (Studi di SKM Unit V PT. Gudang Garam,Tbk. Kediri). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.71.

Published
2023-06-09
How to Cite
Idris, R., & Nursita, L. (2023). NEEDS ANALYSIS OF LECTURER AND EMPLOYEE TRAINING PROGRAM AT TARBIYAH AND TEACHER TRAINING FACULTY OF UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 26(1), 112-134. https://doi.org/10.24252/lp.2023v26n1i9
Section
Article
Abstract viewed = 276 times