CULTURE-ORIENTED IN EFL CURRICULUM FOR SECONDARY SCHOOLS IN INDONESIA

  • Mardiana Mardiana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Belajar bahasa tidak dapat dipisahkan dari belajar budaya. Tulisan ini memuat tentang orientasi budaya dalam kuriku-lum pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing di Indonesia, khususnya di tingkat sekolah menengah. Nilai budaya dalam EFL dianggap penting, khususnya bagi pelajar Indonesia, karena bahasa tersebut tidak hanya sebagai mata pelajaran yang harus dikuasai, tetapi juga sebagai refleksi budaya dari sebuah masyarakat di mana bahasa tersebut digunakan. Sejauh ini para pelajar memahami bahwa dengan belajar bahasa Inggris mereka akan dapat berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Namun, mereka kurang menyadari bahwa ada alasan yang tidak kalah pentingnya dari hanya sekedar dapat ber-komunikasi, yaitu untuk mengurangi kesalahpahaman yang mungkin terjadi akibat minimnya pengetahuan tentang budaya lawan bicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hall, Stuart, Representation: Cultural Representation and Signifying Prac-tices, London: Sage Publication, 1989.

Cook, Alastair Penny, English and the Cultural Construct of Colonialism, English and the Discourse of Colonialism. London. Routledge. 1998.

Chastain, K., Developing Second Language Skills: Theory to Practice, 2nd edition, Briton: Holt, Houghton Mifflin, 1976.

Poole, D., “Language Socialization in the Second Language Classroom”, in Language Learning, London: Sage Publication.

Lado, Roberto, Language Teaching: A Scientific Approac, New York. McGraw Hill, 1964.

Rivers, Wilga M., Teaching Foreign Language Skills, 2nd edition, Chicago: University of Chicago Press, 1981.

Holly, D., “The Unspoken Curriculum of How Language Teaching Carries Cultural and Ideological Messages”, in B. Harrison (ed), Culture and

the Language Classroom, ELT Documents, London: The British Coun-cil/McMillan, 1990.

Heiman, J. D., “Western Culture in EFL Language Instruction”, in TESOL Journal, New York: MacGraw Hill, 1994.

Hyde, M., “The Teaching of English in Morocco: The Place of Culture”, in ELT Journal, New York: McGraw Hill, 1994.

Stern, H. H., Fundamental Concepts of Language Teachin, Oxford: Oxford University Press, 1983.

Robinett, B. W., Teaching English to Speakers of Other Languages: Substance and Technique, Minneapolis: University of Minnesota Press, 1978.

Lado, Roberto, Language Teaching: A Scientific Approach, New York: McGraw Hill, 1964.

Language of Indonesia http://www.ethnologue.com.

Published
2008-06-20
How to Cite
Mardiana, M. (2008). CULTURE-ORIENTED IN EFL CURRICULUM FOR SECONDARY SCHOOLS IN INDONESIA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 115-128. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a9
Section
Vol.11 No.1
Abstract viewed = 352 times