KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN: Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah

  • Siti Nur Hidayati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

The Government’s policy on educational management in Indonesia, (UUSPN No. 20.2003), promotes school autonomy through School Based Management (SBM). The system of the government as stated on PP No. 55 (2007) has also organized an implementation process of religious based school. However, the religious educational institutions are still under discrimination. In fact, Islamic educational institutions face the problem of curriculum, human resources, management, and financial. Therefore, the introduction of SBM is meant to develop the professionality and accountability of Islamic education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional: Rekonstruksi dan Demokra-tisasi, cet. I; Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2002.

Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Halim, Abd. Rahman, "Kebijakan dan Partisipasi Masyarakat: Studi Kritis Terhadap Perspektif Pembinaan Madrasah Swasta di Sulawesi Selatan", Disertasi; Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2007.

Hasbullah, Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

Idrus, Muhammad, "Evaluasi Kebijakan Pemerintah dalam Bidang Pendidikan Islam", MSI-UII.Net, 16/9/2008, diakses 10 Januari 2009 [muhammadidrus @fiai.uii.ac.id].

Imran, Ali, Kebijaksanaan Pendidikan di Indonesia: Proses, Produk & Masa Depannya, cet. III; Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Khaeruddin, et al., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Konsep dan Implementasinya di Madrasah, cet. II; Yogyakarta: Pilar Media bekerja sama dengan Madrasah Development Center (MDC), 2007.

Masyhud, Sulthon, et al., Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam: di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

Mulyasa, E., Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah, Departemen Agama RI: Direktorat Kelembagaan Agama Islam dan Direktorat Madrasah dan Pendidikan Agama Islam, 2003.

Nugroho, Riant, Kebijakan Pendidikan Unggul, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Rahim, Husni, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, t.th.

Republik Indonesia, Undang-undang Dasar 1945, t.d.

-------, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, cet. I; Bandung: Citra Umbara, 2008.

-------, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, cet. III; Jakarta: Sinar Grafika, 2007.

-------, Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007, t.d.

Rohiat, Manajemen Sekolah: Teori dan Praktik, cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2008.

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, cet. III; Jakarta: Kencana, 2007.

Sirozi, M., Politik Pendidikan: Dinamika Hubungan antara Kepentingan Kekuasaan dan Praktik Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

Soedijarto, Landasan dan Arah Pendidikan Nasional Kita, Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2008.

Tilaar, H.A.R., Membenahi Pendidikan Nasional, cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Zainuddin, Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah, cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Published
2017-11-26
How to Cite
Hidayati, S. N. (2017). KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN: Tantangan Terhadap Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 138-151. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a2
Section
Vol.12 No.2
Abstract viewed = 1137 times