PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL

  • Muh Sain Hanafy Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

The problems faced by education nowadays in imple-mentation teaching and learning prosess is the failure of Islamic edu-cation occuring in Islamic instution. This is because of the application of education which is merely concentrating on cognitive aspect including the willingness to apply the value of Islamic teaching. The development of Islamic education must rely on new paradigms that education has appreciation to democracy, individual differences, equality, diversity and involving society in decision making toward policy of education.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achir, Yaumi C.A.. Reformasi Pendidikan Sebagai Upaya Memaksimalkan Hasil Pen-didikan dalam Dawam Rahardjo (ed). Keluar dari Kemelut Pendidikan nasional. Cet. I; Jakarta: PT. Intermasa, 1997.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos, 1999.

Dawam, Ainurrafiq. Pendidikan Islam Indoenesia Kini (Makalah) disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan di UIN Yogyakarta , tgl. 12 April 2006.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan terjemahnya. Semarang: CV. Asy-Syifa, 1998.

Fakih, Mansour. Pendidikan Popular Membangun Kesadaran Kritis. Yogyakarta: Pus-taka Pelajar, 2000.

H.A.R. Tilaar. Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Hidayat, Komaruddin. Memetakan Kembali Struktur Keilmuan Islam dalam Fuaduddin dan Cik Hasan Bisri (ed.) Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tingg: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Logos, 1999.

Jalal, Fasli. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita, 2001.

Lukman, H. Fahmi. http://www.icmimuda.org/indeks.php?opsion=com-content &task=view&id=19&Item, disadur tanggal 16 April 2008

Mastuhu. Pemberdayaan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos, 1999.

Muhaimin dan Abd. Mujib. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan Kerangka Dasar Operasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 1993.

--------, Dakwah Islam di tengah Transformasi Sosial. Surabaya: Karya Abditama, t.t.

--------, dkk. Paradigma Pendidikan Islam; Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di sekolah. cet. II; Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Nasution, Harun. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung : Mizan, 1995.

Pendidikan di Indonesia: Masalah dan solusinya http://www.mi.fmipa.ugm.ac.id/ new/?p=121

Sanaky, Hujair A.H. Studi Pemikiran Pendidikan Islam Modern; Jurnal Pendidikan Islam, Konsep dan Implementasi, Volume V Th. IV, ISSN: 0853-7437. Yogyakarta : FIAI UII, 1999.

Surahmat, Winarno. Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masa Depan Bangsa, Jurnal Kajian Ma’rifah, Volume 4/tahun 1997.

Turner, Briyan S. Weber and Islam, dialih bahasakan oleh G.A. Ticoalu dengan judul Sosiologi Islam, suatu Telaah Analitis atas Tesa Sosiologi Weber. Jakarta: CV. Rajawali, 1984.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Cet. III; Jakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Zamroni. Paradigma Pendidikan Masa Depan. Yogyakarta: Bigraf Publishing, 2000.

Published
2017-11-26
How to Cite
Hanafy, M. S. (2017). PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM DALAM UPAYA MENJAWAB TANTANGAN GLOBAL. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 173-187. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a4
Section
Vol.12 No.2
Abstract viewed = 1224 times