KORELASI PROGRAM PEMBINAAN KEAGAMAAN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA

  • Khairun Nisa Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

The objective of the national education that has not been substantially achieved is to promote a generation who believe in One God and have a good character. Educational institutions which are designed to achieve this do only support students’ intellectual education instead of students’ spiritual well-being. Therefore, compre-hensive evaluation on the application of education through Religious Supervisory Program as a technical way should be implemented to achieve the objective of the national education. This paper analyses, the way to enhance spiritual well-being of students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Syamsyul Munir, Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami, cet. I, Jakarta, Amzah, 2007.

Amirin, Tatang M, Menyusun Rencana Penelitian, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 1995.

Arifin, H. M., Ilmu Pendidikan Islam; Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. V, Jakarta, Bumi Aksara, 2000.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, cet. X, Jakarta, Rineka Cipta, 1996.

-----------, Prosedur Penelitian, cet. II, Jakarta, Rineka Cipta, 1998.

Daradjat, Zakiah, Ilmu Jiwa Agama, cet, XVII; Jakarta: Bulan Bintang, 2005. Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Driden, Gordon dan Jeannette Vos, The Learning Revolution: To Change the Way the World Learns, diterjemahkan oleh Word ++ Translation Service, Revolusi Cara Belajar: Belajar akan Efektif Kalau Anda dalam Keadaan Fun, cet. I; Bandung: Kaifa, 2001

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, cet. XXIII; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996

Efendi, Agus, Revolusi Kecerdasan Abad 21: Kritik MI, EI, SQ, AQ, dan Successful intelligence atas IQ, cet. I, Bandung, Alfabeta, 2005

Ginanjar Agustian, Ary, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual (ESQ) Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, cet. XII, Jakarta, Arga, 2003.

------------, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient, the ESQ Way 165 1 Ihsan, 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, New Edition, Jakarta, Arga, 2005

Given, Barbara K, Brain-Based Teaching: Merancang Kegiatan Belajar-Mengajar yang Melibatkan Otak Emosional, Sosial, Kognitif, Kinestetis, dan Reflektif, cet. II, Bandung, Mizan, 2007.

Goleman, Daniel, Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi Mengapa EI lebih penting daripada IQ, cet. XVII, Jakarta: Gramedia, 2007

Gulo, W, Metodologi Penelitian, Jakarta, Grasindo, 2002

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum, cet. I, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2007.

----------, Kurikulum dan Pembelajaran, cet.V, Jakarta, Bumi Aksara, 2005.

Hasan, Abdul Wahid, SQ Nabi: Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullah di Masa Kini, cet. I: Jogjakarta; IRCiSoD, 2006

http//www.Smpit-im.blogspot.com/2009/02/kiat-sukses-mengajar-beauty-of-teaching.

http//www. Sinarharapan.co.id http//www.suaramerdeka.com./harian/0306/02/kha.2.htm http//en.wikipedia.org; dikutip dari Jane Martin, What Should We Do With a

Hidden Curriculum When We Find One?: The Hidden Curriculum and Moral Education, California: McCutchan Publishing Corporation, 1983

http//www. untag.ac.id

Jalaluddin, Psikologi Agama, Edisi Revisi; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Martin, Anthony Dio, Emotional Quality Management: Refleksi, Revisi, dan Revitalisasi Hidup Melalui Kekuatan Emosi, cet. II, Jakarta, Arga, 2003.

Moleong, Lexy J, Metodologi Penelitian Kualitatif, cet. XXII, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2006

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2005.

Mulyasa, E, Kurikulum Yang Disempurnakan: Pengembangan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, cet. II, Bandung, Remaja Rosdakarya, 2006.

Najati, Usman, Belajar EQ dan SQ dari Sunah Nabi, cet. I, Jakarta, Hikmah, 2002. Nasution, S., Asas-asas Kurikulum, cet. II, Jakarta, Bumi Aksara, 1995

Pasiak, Taufiq, Revolusi IQ/EQ/SQ: Menyingkap Rahasia Kecerdasan Berdasarkan Al-Quran dan Neurosains Mutakhir, Edisi Baru, cet. I, Bandung, Mizan, 2008.

--------, Manajemen Kecerdasan: Memberdayakan IQ, EQ, dan SQ untuk Kesuksesan Hidup, cet. III, Bandung, Mizan, 2007.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, cet. IV, Jakarta, Kalam Mulia, 2005.

Rosyada, Dede, Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, cet. III, Jakarta, Kencana, 2007.

Sangkar, Abu, Spiritual Salah Kaprah: Mengupas Tuntas Kerancuan Antara God-Spot, G-Spot, Mad-Spot, dan Sufi-Spot, cet. I, Bekasi, Gybraltar Wahyamaya 2008

Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, cet. I, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2008

Shihab, Quraish, Asmā al Ḥusnā, cet. I, Tangerang, Lentera Hati, 2008.

Standar Nasional Pendidikan (PP RI No. 19 Tahun 2005), cet. I, Jakarta, Sinar Grafika, 2005

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, cet. VII, Jakarta, Raja Garfindo Persada, 1996.

Sudjana, Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, cet. I, Bandung, Sinar Baru Algensindo, 1996.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, cet.V, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, cet. III, Bandung, Remaja Rosda Karya, 2007.

Tirtarahardja, Umar dan S.L. La Sulo, Pengantar Pendidikan, cet. II, Jakarta, Rineka Cipta, 2005.

Usman, Husaini dan R. Purnomo Setiady Akbar, Pengantar Statistika, cet. II, Jakarta, Bumi Aksara, 2008

Wirartha, Made, Pedoman Penulisan; Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis, Yogyakarta, Andi, 2005.

Yusuf, Nanang Qosim, the Heart of 7 Awareness: Pelatihan untuk Mencipta Kesadaran dan Kebahagiaan menjadi Manusia di atas Rata-rata, cet. I, Jakarta, Hikmah, 2008.

Zonar, Danah dan Ian Marshall, SQ: Kecerdasan Spiritual, diterjemahkan oleh Rahmani Astuti dkk, cet. XI, Bandung, Mizan, 2007

Zuchdi, Darmiyati, Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi, cet. I, Jakarta, Bumi Aksara, 2008.

Published
2017-11-26
How to Cite
Nisa, K. (2017). KORELASI PROGRAM PEMBINAAN KEAGAMAAN TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 188-203. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a5
Section
Vol.12 No.2
Abstract viewed = 543 times