PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING YANG DIPADU DENGAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR

  • Subiyono Subiyono Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study aims at describing the influence of Quan-tum learning combined with Mind Map towards the outcome of Islamic education. This study is queasy-experiment with pretest-posttest design, learning outcome by written test, and questionnaire. The data are analyzed by inferential statistic: covariate and per-centage. The result shows that (1) there is no interactional influence between teaching model and pretest. (2) There is a significant influence of Quantum Learning method combined with Mind Map towards the achievement of Islamic Education. (3) Students have positive perception of the Quantum Learning combined with Mind Map in teaching Islamic Education, as it develops conducive learning condition.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991.

BSNP, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran: Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP/MTs, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.

Buzan, Tony, The Ultimate Book of Mind Map, dialihbahasakan oleh Susi Purwoko dengan judul Buku Pintar Mind Map, Cet. VI; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Dalyono, M., Psikologi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.

Daulay, Haidar Putra, Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Cet. I; Jakarta: Kencana, 2004.

DePorter, Bobbi, dan Mike Hernacki, Quantum Learning: Unleashing the Genius in You diterjemahkan oleh Alwiyah Abdurrahman dengan judul Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Bandung: Kaifa, 2002.

DePorter, Bobbi et. al, Quantum Teaching: Orchestrating Student Success diterjemah-kan oleh Ary Nilandari dengan judul , Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas, Bandung: Kaifa, 2002.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Pusat Pembukuan Depar-temen Pendidikan dan Kebudayaan dan Rineka Cipta, 1999.

Dryden, Gordon dan Jeanette Vos, The Learning Revolution; to Change thew Way the World Learn, Canada, The Learning Web, 1999.

Hernowo, Vitamin T: Bagaimana Mengubah Diri Lewat Membaca dan Menulis, Cet. I; Bandung: Mizan Learning Center, 2004.

--------, Menjadi Guru yang Mau dan Mampu Mengajar secara Menyenangkan, Cet. VIII; Bandung: Mizan Learning Center, 2008.

Jensen, Eric, Brain-Based Learning: The New Science of Teaching & Training, Revised Edition, diterjemahkan oleh Narulita Yusron dengan judul Brain-Based Learning: Pembelajaran Berbasis Kemampuam Otak Cara Baru dalam Pengajaran dan Pelatihan, Edisi revisi, Cet. I; Yogyakarta: Pustaka, 2008.

Lamaka, Arni Arief dan Chaerun Nisa, Keefektifan Metode Quantum Learning terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa di LBB Gama College Makassar 2002, [http://leoriset.blogspot.com/2008/06/quantum-learning-melejitkan pres-tasi-html], diakses 23 Nopember 2008.

Malik, Imam ibn Anas, al-Muwatta’, Bairut: Dar al-Jail, 1993.

Nasir, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP Negeri 6 Makassar, Wawancara, tanggal 1 Nopember 2008, di SMP Negeri 6 Makassar.

Nggermanto, Agus Quantum Quotient (Kecerdasan Quantum): Cara Cepat melejitkan IQ, EQ, dan SQ secara Harmonis, Cet. VII; Bandung: Nuansa, 2008.

Qowaid, “Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama melalui Inovasi Pembela-jaran,” dalam Choirul Fuad Yusuf (ed.), Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP), Cet. I; Jakarta: PT. Pena Citrasatia dengan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, Badan Litbang dan Diklat Departemen Agama RI, 2007.

--------, Belajar Cerdas: Belajar Berbasiskan Otak, Bandung: Mizan Learning Center, 2006.

Soenarno, Adi, Ice Breaker: Permainan Atraktif-Edukatif untuk Pelatihan Manajemen, Yogyakarta: Andi Offset, 2007.

Sugiarto, Iwan, Mengoptimalkan Daya Kerja Otak dengan Berfikir Holistik dan Kreatif, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2004.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007.

Surya, Muh., Psikologi Pendidikan, Bandung: FIP IKIP, 1979.

Windura, Sutanto, Mind Map Langkah demi Langkah: Cara Paling Mudah dan Benar

Mengajarkan dan Membiasakan Anak Menggunakan Mind Map untuk Meraih Prestasi, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, 2008.

Published
2017-11-26
How to Cite
Subiyono, S. (2017). PENGARUH METODE QUANTUM LEARNING YANG DIPADU DENGAN MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 219-233. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a7
Section
Vol.12 No.2
Abstract viewed = 390 times