GAYA BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran gaya belajar peserta didik yang berprestasi akademik tertinggi dan terendah pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jenis penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Informan adalah mahasiswa keperawatan yang memiliki prestasi akademik tertinggi dan terendah pada setiap angkatan yang berjumlah delapan orang, yaitu lima orang mahasiswa berprestasi akademik tertinggi dan tiga orang mahasiswa berprestasi akademik terendah. Pengumpulan data melalui observasi berperan serta, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data adalah teknik analisis isi (content analysis) dengan melalui tahap pengumpulan, membuat transkrip data, menentukan makna unit, meringkas dan mengorganisir data, melakukan abstraksi data, mengidentifikasi variabel dan hubungan atar variabel secara kualitatif dan menarik kesimpulan. Peneliti menggunakan uji konfirmabilitas dilakukan dengan pelampiran berbagai data-data yang diperoleh saat penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan yang berprestasi akademik tertinggi dan terendah masing-masing menunjukkan kombinasi gaya belajar visual, auditori dan kinestik dengan kecenderungan gaya belajar yang berbeda.
Abstract:
This study aims to provide the description of the learning styles of students with the highest and the lowest academic achievement of Nursing Students of Islamic Alauddin State Islamic University Makassar. This was a qualitative approach. The participants were eight nursing students. Five students who had the highest and three students who had the lowest academic achievement in each academic year. The data collected through observation, in-depth interviews, and document studies. The technique of data analysis was content analysis, which was done by going through the stages of data collection, creating transcripts of the data, determining the unit meaning, summarizing and organizing the data, performing data abstraction, identifying variables and the relationship between variables qualitatively, and drawing a conclusion. The researcher used conformability test which was done by presenting various data obtained at the time of the study. The results of the study showed that the students with the highest and the lowest academic achievement showed a combination of visual, auditory, and kinesthetic with variations.Downloads
References
Al Qur’an dan Terjemahan. (2014). Departemen Agama Republik Indonesia.
Al-Hadist.
Akbar, R. (2011). Akselarasi, A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: PT. Gramedia.
Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Cet. V; Bandung: Alfhabeta.
Arliana, S. (2012). “Gambaran Gaya Belajar dan Indeks Prestasi Mahasiswa Akademi Keperawatan Sri Bunga Tanjung Dumai.” Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Angraini, D. K. (2013). “Film Stopmotion Tentang Doa Sehari-hari Dalam Islam”. Jurnal De sain Komunikasi Visual. Surabaya: Universitas Pembangunan Nasional Veteran.
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi; Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azwar, S. (2010). Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bachtiar, S. (2012). Buku Pintar Memahami Psikologi Anak Didik, Cet. I; Yogyakarta: Pinang Merah Publisher.
Bakri, H. (2009). ‘’Pemahaman Tentang Gaya Belajar.’’ Jurnal Studia Pendidikan 1, No. 2 (2009): h. 2.
Buzan, T. Terjemahan Susi Purwoko. (2010). Buku Pintar Mind Map Untuk Anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Darmono. (2008). Perpustakaan Sekolah: Pendekatan Asfek Manajemen dan Tata Kerja, Jakarta: Grasindo.
DePorter, B. & Mike, H. (2013) Terjemah Alwiyah Abdurrahman, Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa PT Mizan Pustaka.
Dewanti, M. L. (2016). “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor”, Skripsi, Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.”
Dharma. (2011). Metode Penelitian pendidikan. Jakarta: Kencana.
Djamarah. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Doantara, Y. (2016). Aktivitas dan Prestasi Belajar.
http://ipotes.wordpress.com. Diakses 8 Desember 2016.
Dryner, G. & J. Vos. (2009). Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution) Belajar Akan Efektif Kalau Anda Dalam Keadaan “Fun”. Bandung: Penerbit Kaifa.
Ekayana, G. (2011). “Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Mahasiswa di Jurusan Teknik Elektronika.” Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Ekowati, N. (2010). ‘’Hubungan Antara Intelegensi Dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Kelas IV Sekolah Dasar Condong Catur Yogyakarta Tahun Pelajaran 2009/2010.‘’ Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Nugraheni, E. (2013). “Gaya Belajar dan Strategi Belajar Mahasiswa: Jarak Jauh Kasus di Universitas Terbuka.” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Banten: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka Indonesia.
Nugraheni, N. (2014). “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Problem Based Learning Dengan Media Audio Visual.” Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Fenkel & Wallen. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.
Gunawan, A. W. (2010). Born To Be A Genios. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, T. (2014). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Ewara.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hanafiah, N. & Cucu, S. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran, Cet. II; Bandung: Refika Aditama.
Hartanti & Nisya. (2013). Prinsip-Prinsip Dasar Keperawatan. Jakarta: Dunia Cerdas.
Haryanto & Suyono. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan: Sebuah Orientasi Baru, Cet. I; Jakarta: Referensi.
Izzaty, R. E, dkk. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Kosmiyah, I. (2012). Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Teras.
Lestari, A. B. (2015). ‘’Hubungan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Sarjana Fakultas Keperawatan.’’ Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Linksman, R. (2014). Cara Belajar Cepat. Semarang: Dahara Prize.
Lucy. (2010). Panduan Praktis Tes Minat dan Bakat Anak. Jakarta: Penebar Plus.
Maiden, L. T. Terjemah Ivone Suryana. (2008) Fire Of Your Learning: Bangkitkan Semangat Belajar Anda, Petunjuk Belajar Yang Dipercepat untuk Usia 12 tahun ke Atas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Majid, A. (2010). Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Marsuki. (2008). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nata, A. (2010). Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Nini, S. (2011). Rahasia Gaya Belajar Orang Besar. Yogyakarta: Javalitera.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Keperawatan, Edisi. III. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Putri, M. M. (2011). ‘’Hubungan Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan Universitas Sumatra Utara.’’ Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Puspitasari, J. A. (2014). ‘’Hubungan Antara Adversity Quotiont (AQ) dengan Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Keperawatan Fakuktas Keperawatan USU.’’ Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Raharja, B. (2010). “Efek Musik Terhadap Prestasi Anak Usia Pra Sekolah: Studi Komparasi Efek Lagu Anak, Dolanan Jawa, dan Musik Klasik”, Jurnal Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Ridwan. (2016). Ketercapaian Prestasi Belajar, http://ridwan202.wordpress.com. Diakses 7 Desember 2016.
Riyana, C. (2011). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Prenada Medika.
Robert, S. (2012). Terjemahan Kumala Insiwi Suryo, Succesfull Lifelong Learning. Jakarta: Victory Jaya Abadi.
Rohman, A. (2010). Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Laksbang Mediatama.
Rukoyah. (2014). “Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Produktif”, Journal Of Mechanical Engineering Education. Bandung: Departemen Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia.
Sadirman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sahrani & Popi. (2011). Psikologi Belajar Dalam Perspektif Islam. Bogor: Penerbit Gahlia Indonesia.
Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran, Cet. III; Jakarta: Kencana.
Shihab, Q. (2003). Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarti. (2011). ‘’Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Tahun ajaran 2010/2011’’, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugihartono, dkk. (2008). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Supriyanto, W. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan, Yogyakarta: Kanisius.
Surya, M. (2008). Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru Untuk Guru. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syah, M. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, A. M. (2008). Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin & Vismaia. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun KBBI. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. KBBI offline Version 1.2.
Tobing, L. M. G. (2014). ‘’Hubungan Perpustakaan Fakultas Keperawatan dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara’’, Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Tohirin. (2010). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tung, K. Y. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Cet. I; Jakarta: Indeks.
Uno, H. (2010). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Utomo, D. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendikia.
Panggabean, A. (2009). “Gambaran Prestasi Belajar Mahasiswa PSIK FK USU Program Reguler berdasarkan Tipe Belajar Mahasiswa.” Skripsi. Medan: Fakultas Keperawatan Universitas Sumatra Utara.
Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Makalah. (2013). Skripsi, Tesis, Disertasi dan Laporan Penelitian. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Wasis. (2008). Pedoman Riset Praktis Untuk Profesi Perawat, Cet. I; Jakarta: ECG.
Widura, S. (2010). Be An Absolute Genius: Panduan Praktis Learn How To Learn Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winkel. (2008). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Tama.
Yanti, N. L. (2010) Psikologi Anak. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Yurisa. (2008). Metode Penelitian Keperawatan. Jakarta: PT. Macana Jaya Cemerlang.
Zuriah, N. (2008). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Teori Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Copyright (c) 2017 Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).