EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 2 SUNGGUMINASA
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses dan hasil penerapan model pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan desain true eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Sungguminasa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 239 orang. Teknik penentuan sampel yaitu proportional random sampling dan sampel yang terpilih sebanyak 70 orang. Instrumen berupa rancangan penelitian dan pedoman menulis teks eksposisi. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes tertulis. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan dengan Uji hipotesis menggunakan analisis inferensial jenis uji-t independen dan diperoleh nilai t sebesar 14,293 dengan derajat kebebasan 68 dan p-value (2 tailed) = 0,000. Karena nilai p-value < 0,05 atau 0,000 < 0,05 atau t hitung 14,293 > t tabel 2,04 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima dan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sungguminasa.
Abstract:
This study aims to examine the process and the results of the implementation of project-based learning model in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa. The type of research is experimental research. The research design is true experiment. This research was conducted in SMA Negeri 2 Sungguminasa. The population in this study is all students of class X which amounted to 239 people. The technique sampling used in this research was propotional random sampling and the selected sample is 70 students. Instruments used in this research were research planning exposition texts writing guidelines. Data collection techniques are written test techniques. The collected data is then analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. The results showed by hypothesis test using inferential analysis of independent t-test type and obtained t value equals to 14,293 with degree of freedom 68 and p-value (2 tailed) = 0,000. Since the p-value <0,05 or 0,000 <0,05 or t value 14,293> t table 2.04, the null hypothesis (H0) is rejected and the alternative hypothesis (H1) is accepted and it can be concluded that the application of project-based learning model is effective to be applied in learning writing expository text of students class X of SMA Negeri 2 Sungguminasa.
Downloads
References
Alwasilah. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Kebudayaan. (2013). “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)”, Bahan Presentasi. Kementrian Pendidikan dan Kebu¬dayaan.
Finoza, L. (2001). Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Dwadasa Sarana Bersama.
Gie, T. L. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset.
Iskandarwassid & Sunendar. (2008). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.
Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013, Standar Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Atas (SMA)/Mad¬rasah Aliyah. Jakarta.
Knapp, P., & Megan, W. (2005). Genre, Text, Grammar, Sydney: University of New South Wales.
Kompas. (2013). “Dana Kurikulum 2013 Dijanjikan Tepat Sasaran”, Kompas, 15 April 2013.
Mahsun. (2013). “Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks”, (Kompas Edu. 27 Februari 2013. Diakses pada tanggal 8 April 2013).
Rahaor, P. P. (2006). “Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi melalu STAD dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Sumbersari II Malang”, Tesis, Tidak diterbitkan, Malang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Zainurrahman. (2011). Menulis: dari Teori hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarism). Bandung: Alfa¬beta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2) Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3)Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).