MODEL MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN: ALAM SEKITAR, SEKOLAH KERJA, INDIVIDUAL, DAN KLASIKAL

  • Muhammad Idris Usman Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DDI Parepare
    (ID)

Abstract

Essentially, instruction is an activity that is carried out by educators in a programmed way so that learners are able to learn actively. Instructional process is implemented to develop learners’ creativity. Problems faced by educators in teaching and learning process still revolves around the use of traditional methods that have already gone. The teaching and learning process still places the learner as an object of study, whereas, it should be based on learner-centered. To overcome the problems faced in the instructional process, there are several instructional models, environmental learning model, school learning, individual, and classical learning models. Those instructional models can be applied essentially according to the situation, condition, and material taught in the instructional process.

Downloads

Download data is not yet available.

References

al-Abrāsyi, Muh{ammad At{iyah, al-Tarbiyyah al-Islāmiyyah, terj. Bustami A. Gani dan Djohar Bahry, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, cet. VII; Jakarta: Bulan Bintang, 1999.

Arifin, H. Muzayyin, Ilmu Pendidikan Islam: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, cet. II; Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Azra, Azyumardi, Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, cet. I; Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Bahruddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, cet. V; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Danajaya, Utomo, Media Pembelajaran Aktif, cet. I; Bandung: Nuansa, 2010. Darsono,Max,BelajardanPembelajaran,cet.I;Semarang:IKIPSemarangPress,2000.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, cet. I; Jakarta:Toha Putra, 2007.

Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2009. Djamarah,SyaifulBahri,StrategiBelajarMengajar,cet.V;Jakarta:RinekaCipta,2002.

Hakim, Lukmanul, Perencanaan Pembelajaran Seri Pembelajaran Efektif, cet. II; Bandung: Wacana Prima, 2008.

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi, cet. I; Bandung: Refika Aditama, 2010.

Mappanganro, Pemilikan Kompetensi Guru, cet. I; Makassar: Alauddin Press, 2010.

Mujib, Abdul, Kepribadian dalam Psikologi Islam, cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi, cet. IX; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, cet. VII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Nata, H. Abuddin, Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran, cet. I; Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1984.

Republik Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, cet. I; Jakarta: Cemerlang, 2005.

Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik, cet. II; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2010.

Sardiman, A.M., Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, cet. IV; Jakarta: Rajawali, 1992.

Sidi, Indra Djati, Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan, cet. I; Jakarta: Paramadina, 2003.

Sugandi, Achmad, Teori Pembelajaran, cet. I; Semarang: Uness Press, 2004.

Taniredja, Tukiran, et al., Model-model Pembelajaran Inovatif, cet. II; Bandung: Alfabeta, 2011. Thoifuri, Menjadi Guru Inisiator, cet. I:Semarang: Rasail Media Group, 2007.

Tim Penyusun Kamus Besar Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. III; Jakarta: Balai Pustaka, 1990.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, cet. II; Jakarta: Kencana, 2008.

Usman, Mohammad Uzer, Menjadi Pendidik Profesional, cet. XXII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Zaini, Hisyam, et al., Strategi Pembelajaran Aktif, cet. VI; Yogyakarta: CTSD, 2007.

Published
2012-12-21
How to Cite
Usman, M. I. (2012). MODEL MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN: ALAM SEKITAR, SEKOLAH KERJA, INDIVIDUAL, DAN KLASIKAL. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(2), 251-266. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n2a10
Section
Vol. 15 No. 2
Abstract viewed = 2555 times