EFEKTIVITAS PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

  • Nabilah Panandrang Hasan Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar
    (ID)
  • Ahmad Ridfah Universitas Negeri Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Motivasi berprestasi adalah dorongan yang dapat menggerakkan individu untuk ber­­tingkah-laku mencapai suatu prestasi atau suatu kesuksesan sebagai tujuan yang diharapkan. Salah satu metode yang digunakan dalam meningkatkan mo­ti­vasi berprestasi adalah pelatihan adversity quotient. Penelitian ini bertujuan untuk me­nguji efektivitas pelatihan adversity quotient dalam meningkatkan motivasi ber­prestasi siswa SMK X di Kota Makassar. Materi pelatihan yang diberikan adalah kon­sep diri, apa itu adversity quotient, konsep ABCDE dan CORE, problem solving dan analisis SWOT, tipe adversity quotient, serta aku bisa. Responden penelitian di­pilih menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan eksperimen meng­gu­na­kan one group pre-test post-test design. Subjek penelitian ini berjumlah 15 orang. Pe­nelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi yang didasarkan pada teori Mc Clelland dengan reliabilitas 0,820. Penelitian ini menggunakan teknik ana­lisis data Wilcoxon Signed Rank Test yang kemudian diolah dengan SPSS version 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan adversity quotient efek­tif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa SMK X di Kota Makassar, de­ngan signifikansi sebesar 0,005.

Abstract:

Achievement motivation is the drive that can move the individual to behave to achieve an achievement or a success as an expected goal. One of the methods used in improving achievement motivation is adversity quotient training. This study aims to test the effectiveness of adversity quotient training in improving the achievement motivation of students of SMK X in Makassar City. The training materials provided are self-concept, what is adversity quotient, ABCDE and CORE concept, problem solving and SWOT analysis, adversity quotient type, and I can. The respondents were chosen by using purposive sampling technique. The experimental design uses one group pre-test post-test design. Subjects of this study were 15 students. This research uses achievement motivation scale based on Mc Clelland theory with reliability 0,820. This study uses Wilcoxon Signed Rank Test data analysis techniques which is then processed with SPSS version 20. The results of this study indicate that training adversity quotient is effective in im­proving student achievement motivation at SMK X Makassar at 0.005 level of significance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altalib, H. Y. (1991). Training Guide for Islamic Workers. Herndon: The International Institute of Islamic Thought.

Azwar, S. (2013). Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chaplin, J.P. (1997). Kamus Lengkap Psikologi, (Terjemahan dari Dr. Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Goldstein, E.B. (1994). Psychology. California: Brooks/cole Publishing Company.

Gunarsa, S. D., & Gunarsa, Y. S. D. (2002). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hadi, S. (2001). Statistic Jilid 2: Yogyakarta: Andi.

Hardjo, S., & Badjuri. (2010). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Cara Belajar terhadap Prestasi Be¬la¬jar Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Semarang. Jurnal Pendidikan, 1(2): 12-24, 2010.

Hasanah, N., Zulhelmi., & Azizahwati. (2015). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Model Collaborative Learning di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Kampar. Physic Education Study Program.

Kirkpatrick, D. L., & Krikpatrick, J. D. (2005). Evaluating Training Programs. San Fransisco: Berret-Koehler Publisher Inc.

Kusuma, I. H. (2004). Studi Korelasional antara Kecerdasan Adversity dan Motivasi Berprestasi dengan Kinerja Kepala Sekolah di Lingkungan Yayasan BPK PENABUR Jakarta. Jurnal Pendidikan Penabur, 2(3).

McClelland, D. C. (1987). Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Morgan, Clifford, T., King, Richard, A., Weisz, John, R., & Schopler, John. (1986). Introduction to Psychology, Toronto: Mc Graw-Hill.

Noe, R. A. (2010). Employee Training and Development, Library of Congress Cataloging in Publication Data, Mcgraw-Hill.

Nurhayati & Fajrianti, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(1), 72-77.

Seniati, L., Yulianto, A. & Setiadi, B. N. (2011). Psikologi Eksperimen, Jakarta: Indeks.

Stoltz, P.G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyanto. (2009). Kontribusi Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang. Jurnal Paradigma, 08(IV):19-34, 2009.

Suryabrata, S. (2013). Metodelogi Penelitian, Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003. Diakses pada 28 April 2016. Indonesia. www.depdagri.go.id.

Utami, S., Nashori. H. F., & Rachmawati, M. A. (2014). Pengaruh Pelatihan Adversity Quotient untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Intervensi Psikologi, 6(1), 131-149, 2014.

Vinas, D. K. D., & Malabanan, M. G. A. (2015). Adversity Quotient and Coping Strategies of College Students in Lyceum of the Philippines University. Asia Pacific Journal of Education, Arts and Sciences, 2(3), 68-72, 2015.

Wardiana, A. P., Wiarta, W., & Zulaikha, S. (2014). Hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas V SD di Kelurahan Pedungan. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 1 (2), 2014.

Widyaningrum, J., & Rachmawati, M. A. (2007). Adversity Intelligence dan Prestasi Belajar Siswa Semarang. Jurnal Psikologi Proyeksi, 2(2), 45-53, 2007.

Published
2017-12-30
How to Cite
Hasan, N. P., Dewi, E. M. P., & Ridfah, A. (2017). EFEKTIVITAS PELATIHAN ADVERSITY QUOTIENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 150-157. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i2
Section
Vol. 20 No. 2
Abstract viewed = 1108 times